Larangan Merokok Akan Diterapkan Di Penjara Skotlandia

By Bayu Nugroho | News | Kamis, 6 Desember 2018

Pada bulan Juli 2017, Scottish Prison Service (SPS) telah mengumumkan bahwa merokok dan penjualan tembakau akan dilarang di penjara Skotlandia pada akhir 2018. Seperti yang diperkirakan keputusan itu tidak diterima dengan baik oleh narapidana, karena mereka terlalu bergantung dengan rokok. Beberapa organisasi yang ada dipenjara menyuarakan keprihatinan tentang bagaimana pelarangan semacam itu dapat menyebabkan kekerasan dan kegiatan perdagangan barang selundupan.

“Melalui pendekatan secara intens dan pertimbangan untuk merokok di penjara akan memberikan para tahanan sebuah pilihan, setidaknya mereka dapat merokok di luar. Jika ini bukan bagian dari rencana Pemerintah Skotlandia, harusnya ada dukungan untuk membuat seseorang tidak menyerah. Bukan hanya bantuan berhenti merokok, tetapi meningkatkan kewaspadaan untuk melihat tanda-tanda untuk melihat sekeliling apabila bahaya buruk terjadi,” kata Peter Dawson, Direktur Prison Reform Trust.

Unsplash
Semua penjara di Inggris dan Wales sekarang bebas asap mengurangi risiko perokok pasif terhadap tahanan dan staf.

Namun, SPS telah menunjukkan bahwa asap bekas rokok dari staff, pengunjung dan bahkan tahanan itu sendiri, tidak dapat diterima. Organisasi itu bahkan menambahkan bahwa tahanan akan ditawarkan rokok elektrik sebelum pelarangan itu diberlakukan.

Sejalan dengan rencana ini, narapidana Skotlandia ditawari rokok elektrik dan perlengkapan rokok elektrik untuk membantu mereka berhenti atau setidaknya mengganti rokok mereka. Di penjara Inggris dan Wales, rokok elektrik diperkenalkan dengan istilah “game changer”, kabar baiknya 33.000 tahanan sudah menggunakan perangkat rokok elektrik dengan pemasukan GBP 65.000 dalam penjualan mingguan.

(Via The Scottish Sun)

Comments

Comments are closed.