Laboratorium Swiss Temukan Isocyanate dalam IQOS Philip Morris

By Vapemagz | News | Jumat, 12 April 2019

Klaim aman dari produk heat not burn (HNB) milik Philip Morris, IQOS, ternyata tak sepenuhnya demekian. Penelitian yang dilakukan oleh laboratorium Blue Cross, Swiss, telah menemukan zat yang sangat beracun keluar dari filter IQOS yang diproduksi oleh Philip Morris International.

Temuan itu, dilaporkan oleh SonntagsZeitung, dibuat oleh laboratorium yang ditugaskan oleh Blue Cross di Bern, Solothurn dan Fribourg. Racun berbahaya ini ialah isocyanate, yang dilepaskan ketika filter polimer dipanaskan hingga 100 derajat Celcius.

“Jika isocyanate dihirup selama penggunaan IQOS, itu sangat bermasalah. Bahkan menghirup jumlah yang sangat kecil dapat menyebabkan kerusakan kesehatan yang serius,” kata Rainer Kaelin, seorang pulmonolog dan mantan wakil presiden Liga Paru-paru Swiss.

Lantas apa itu Isocyanate atau Isosianat? Berdasarkan penelusuran Vapemagz dari berbagai sumber, Isosianat adalah elektrofil dan sangat reaktif terhadap berbagai macam nukleofil termasuk alkohol, amina, dan bahkan air.

Akio Kon-Bloomberg/Getty Images
iQos pertama kali diperkenalkan di Jepang tahun 2014 lalu.

Isosianat adalah racun serius yang dapat merusak membran sel manusia. Isosianat biasa ditemukan dalam pelarut, cat atau busa industri. Beberapa contoh sensitiser dari kelompol isosianat dan dampak kesehatannya antara lain asma, iritasi, serta kejang sistem saraf pusat.

“Isosianat dapat menyebabkan penyakit setelah tiga bulan terkena paparan. Dalam beberapa kasus ekstrim, menghirup isosianat dalam udara bisa menyebabkan penyakit fatal setelah satu tahun”, kata Kaelin.

Sementara itu, perwakilan dari Philip Morris mengakui masalah tersebut. Hanya saja, seorang juru bicara perusahaan meyakinkan bahwa racun itu tidak dihirup ketika menggunakan rokok IQOS.

Phillip Morris, produser dari rokok konvensional Marlboro telah menjadikan IQOS sebagai masa depan dalam alternatif rokok. Dalam pemanas IQOS dalam bentuk penahan, tembakau tidak lagi dibakar tetapi dipanaskan. Philip Morris mempresentasikan penelitian yang menunjukkan bahwa memanaskan tembakau menghilangkan hampir semua kontaminan karsinogenik.

(Via Swissinfo.ch)

Comments

Comments are closed.