Konsumsi Rokok Harus di Tekan Pada Masa Pandemi Covid-19

By Bayu Nugroho | News | Jumat, 2 April 2021

Jumlah harian kasus Covid-19 Indonesia terus menurun, namun sayangnya angka kematian Indonesia terkait Covid-19 masih di posisi tertinggi di Asia Tenggara. Berbagai studi menyebutkan ada korelasi yang erat antara konsumsi rokok dan Covid-19. Selain meningkatkan risiko penularan, ternyata memperberat komorbid pasien Covid-19.

Untuk mengatasi hal tersebut, Komnas Pengendalian Tembakau, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), dan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menyampaikan pernyataannya dalam Konferensi Pers “Setahun Pandemi: Celah Regulasi yang Memperlambat Pemulihan Covid-19”.

Konsumsi rokok adalah faktor risiko utama penyakit-penyakit tidak menular mematikan, yang di antaranya ternyata merupakan penyakit-penyakit penyerta pasien Covid-19 tertinggi, yaitu hipertensi, kardiovaskular, paru kronis, dan kanker.

The Economic Times
Pada penderita diabetes melitus, rokok meningkatkan faktor risiko seseorang terkena penyakit Diabetes Mellitus Tipe 2. Zat adiktif nikotin dalam rokok dapat menyebabkan resistensi hormon insulin dan mengurangi respon pankreas untuk menghasilkan insulin.

Berbagai riset di berbagai negara di seluruh dunia telah membuktikan bahwa terdapat hubungan erat antara perilaku merokok yang memperberat risiko penularan Covid-19 dan penyakit penyertanya. Penelitian yang dilakukan Komnas Pengendalian Tembakau (2020) dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (2021) menunjukkan adanya kecenderungan peningkatan konsumsi rokok di masa pandemi Covid-19.

“Data perokok dan Covid-19 per provinsi di Indonesia menunjukkan adanya peluang tingginya jumlah perokok akan diikuti dengan tingginya kasus Covid-19. Jika dibandingkan dengan beberapa negara lain di Asia Tenggara, Indonesia memiliki prevalensi perokok tertinggi diikuti dengan jumlah kasus Covid-19 tertinggi,” kata Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Agus Dwi Susanto, Rabu (31/3).

Melihat kaitan antara perilaku merokok dan Covid-19, hendaknya penanganan Covid-19 di Indonesia juga memperhatikan pengendalian konsumsi rokok, yang saat ini tak terbendung di Indonesia.

(Via Kontan)

Comments

Comments are closed.