Konsumsi Rokok Elektrik Meningkat, Penerimaan Negara Ikut Naik?

By Vape Magz | News | Senin, 27 Maret 2023

Tren konsumsi rokok elektrik atau vape di Indonesia mulai mengalami kenaikan. Hal ini diharapkan turut mendorong penerimaan negara dari sisi cukai hasil tembakau.

Direktur Eksekutif Segara Institute, Piter Abdullah mengatakan, tren konsumsi vape tak hanya terjadi di Indonesia. Dalam laporan a Roadmap To a Smoke Free Society yang dirilis asosiasi pakar kesehatan Swedia, penggunaan rokok elektrik juga marak di kawasan Eropa.

“Harga bukan menjadi masalah bagi konsumen vape. Jadi prospek bisnis rokok alternatif ini masih ada, tapi tidak besar,” ujarnya.

Selama 2022, realisasi cukai hasil tembakau untuk rokok elektrik Rp 1,02 triliun. Ini terbagi dalam penerimaan dari rokok elektrik cair sistem tertutup sebesar Rp 119, 47 miliar, penerimaan dari rokok elektrik cair padat Rp 271,93 miliar, dan penerimaan rokok elektrik cair sistem terbuka Rp 627,11 miliar.

Sebelumnya, Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Bea Cukai Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan, Nirwala Dwi Heryanto, mengatakan pihaknya terus melakukan pengawasan terhadap konsumsi rokok, baik itu elektrik maupun konvensional yang terjadi di masyarakat. Menurutnya, DJBC menggunakan dua pendekatan pengawasan yaitu soft approach dan hard approach. Sisi soft approach dilakukan dengan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah maupun Kementerian/Lembaga terkait untuk melakukan edukasi dan sosialisasi.

“Sedangkan hard approach kita melakukan tindakan represif ini berupa gempur rokok ilegal baik rokok konvensional maupun rokok elektrik,” kata Nirwala.

Menurut Piter, konsumsi rokok elektrik pada umumnya lebih dilandasi faktor keleluasaan dari sisi tempat, sehingga turut mengerek penjualan.

“Mereka yang menggunakan vape karena adanya batasan ruang. Jadi yang merokok elektrik itu dia melakukannya di dalam mobil atau empat kerja,” kata dia dalam keterangannya, belum lama ini.

 

Via kumparan.com

 

Comments

Comments are closed.