Kerjasama dengan Perusahaan Vape, Klub Sepak Bola Malaysia Dapat Kecaman

By Vapemagz | News | Rabu, 29 Juli 2020

Klub sepak bola Selangor FA mendapat kecaman karena kerjasamanya dengan perusahaan vape ternama Malaysia, Vape Empire. Melalui unggahannya di Facebook, Sabtu (25/7/2020) klub Liga Super Malaysia itu menyebut pemegang kartu anggota klub bakal mendapatkan diskon apabila membeli produk Vape Empire.

Belakangan, Selangor FA menghapus ungahannya tersebut. Walau begitu, publik khususnya netizen terlanjur mengecam langkah klub yang dianggap telah mempromosikan penjualan vape atau rokok elektronik demi mendapatkan pemasukan semata. Para fans klub berjuluk Red Giants itu meminta manajemen Selangor FA untuk mempertimbangkan sponsor dari perusahaan vape, lantaran sponsor tembakau seharusnya dilarang untuk kegiatan olahraga.

Kementerian Kesihatan Malaysia (Ministry of Health atau MOH) turut mengomentari kejadian ini. MOH menyebut tindakan dari Selangor FA bisa membawa pengaruh buruk bagi kaum remaja dan bertentangan dengan komitmen negara mendukung Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menerapkan undang-undang pengendalian tembakau global.

“Langkah Selangor FA guna mempromosikan produk rokok elektronik adalah tindakan yang sangat serius dan patut mendapatkan perhatian. Sebagai klub sepakbola profesional yang mewakili negara bagian Selangor, organisasi The Red Giants harus memastikan bahwa kerjasama mereka bebas dari pengaruh buruk bagi masyarakat, terutama bagi kaum muda dan remaja,” tulis pernyataan MOH.

Theunionjournal
Selangor FA.

“Tindakan bekerja sama dan mempromosikan rokok elektronik seperti mengulangi kesalahan masa lalu ketika perusahaan rokok diizinkan untuk mensponsori tim sepak bola, sebelum dilarang Kementerian sebagai langkah untuk menghentikan promosi tembakau. Jangan memberi alasan untuk keuntungan atau kepentingan ekonomi, karena tanggung jawab sosial untuk pengembangan kepribadian dan kesehatan masyarakat harus lebih diprioritaskan,” tulis pernyataan MOH.

Selangor FA sendiri adalah salah satu klub yang memiliki basis pendukung yang luas di Malaysia. Klub ini juga cukup dikenal di Indonesia, khususnya setelah pernah dibela pemain timnas Bambang Pamungkas, Elie Aiboy dan Andik Vermansyah.

Pada Liga Super Malaysia 2020, Selangor FA untuk sementara menduduki peringkat 6 klasemen dari 12 klub peserta. Kompetisi sejak Maret lalu telah dihentikan lantaran pandemi virus korona (coronavirus atau COVID-19) dan rencananya akan dilanjutkan pada Agustus.

(Via Vocketfc.com)

Comments

Comments are closed.