Kemenperin: Industri HPTL Serap 50 Ribu Tenaga Kerja

By Vapemagz | News | Kamis, 1 Oktober 2020

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat industri Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL) seperti vape telah mampu menyerap ribuan tenaga kerja. Jumlah ini terdiri dari mulai outlet, distributor, sampai produsen.

“Jumlah total tenaga kerja yang terserap sekitar 50 ribu orang,” kata Direktur Industri Minuman, Hasil Tembakau dan Bahan Penyegar Kemenperin, Edy Sutopo dalam diskusi virtual di Jakarta, Senin (28/9/2020).

Edy merinci ada 5.000 orang sebagai pengecer, 150 orang distributor atau importir, 300 orang produsen liquid, 100 orang produsen alat dan aksesoris lainnya. Di samping itu ada 50 orang pengusaha lain seperti event organizer, media dan perlengkapan.

Saat ini aturan mengenai industri HPTL tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 156 Tahun 2018 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau. PMK ini merupakan revisi dari aturan sebelumnya yaitu PMK Nomor 146/2017.

Trustnews
Direktur Industri Minuman, Hasil Tembakau dan Bahan Penyegar Kemenperin, Edy Sutopo.

Edy menambahkan, pemerintah saat ini tengah menggodok sejumlah ketentuan untuk rokok elektrik. Alasannya, produk tembakau alternatif dapat memberikan dampak negatif bagi masyarakat apabila tidak diatur dengan benar.

Pemerintah ingin ada standar produk rokok elektrik baik untuk vape, liquid, ataupun produk tembakau dipanaskan. Selain itu perlu ada ambang batas (threshold) mengenai kandungan yang ada dalam rokok elektrik yang bisa berdampak bagi kesehatan.

“Ini juga sedang kami siapkan. Kami merujuk ke beberapa negara yang mengatur standar, kebijakan terkait tata niaga impor. Tujuannya agar disamakan dengan rokok konvensional, agar pengaturannya tidak diskriminasi,” ungkapnya.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan mencatat, penerimaan cukai terhadap industri Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL) adalah sebesar Rp515 miliar. Penerimaan tersebut diterima selama Januari sampai Agustus 2020.

(Via Medcom)

Comments

Comments are closed.