Kemenkeu Beri Keringanan Para Pengusaha Rokok Boleh Menunda Pembayaran Pita Cukai

By Vapemagz | News | Minggu, 19 April 2020

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan menunda tenggat waktu pembayaran pita cukai rokok selama tiga bulan sebagai langkah dalam menghadapi virus korona. Waktu penundaan ini diperpanjang setelah sebelumnya hanya dua bulan saja.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan penundaan ini dilakukan untuk membantu pengusaha yang sedang kesulitan di tengah pandemi korona. Penundaan pembayaran pita cukai ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 30/PMK.04/2020.

Pada beleid tersebut diatur pemesanan pita cukai yang diajukan oleh pengusaha barang kena cukai pada tanggal 9 April hingga 9 Juli 2020 diberikan penundaan pembayaran selama 90 hari atau sekitar tiga bulan.

“Perpanjangan kredit dari yang sebelumnya dua bulan mejadi tiga bulan. Ini tujuannya untuk membantu dan diberikan untuk masa sampai pemesanan pita 9 Juli,” ujarnya dalam teleconfrence, Jumat (17/4/2020).

AFP
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Direkur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi mengatakan para produsen itu akan tetap membayarkan pita cukai yang telah dipesan setelah 90 hari berlalu. Hanya saja ada pergeseran waktu pembayaran yang diberikan kepada para pengusaha.

Pelonggaran waktu pembayaran cukai juga turut mempertimbangkan mobilisasi barang kena cukai yang terganggu saat beberapa daerah berstatus pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Selain itu perusahaan juga tetap membutuhkan waktu untuk memulihkan usahanya setelah pandemi berakhir.

“Tunda sama libur kan beda. Kalau libur tidak masuk setorannya. Kalau tunda tetap masuk tapi digeser saja,” ucapnya.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar-Lembaga Ditjen Bea Cukai Syarif Hidayat mengatakan kebijakan tersebut tak akan mempengaruhi harga jual eceran rokok. Harga jual eceran rokok masih akan tetap sama seperti sebelumnya dan tak akan mengalami penurunan.

“Agar mereka bisa bertahan di dalam kondisi sulit ini dan menjaga kesehatan cashflow mereka,” kata Syarif.

(Via Okezone)

Comments

Comments are closed.