Kanada: Provinsi Saskatchewan Mulai Mengatur Pelarangan Rasa Likuid

By Bayu Nugroho | News | Sabtu, 5 Desember 2020

Berdasarkan surat yang dikirim dari Kementerian Kesehatan Kanada, surat itu menunjukkan bahwa meskipun sejumlah peraturan vaping sudah mulai berlaku awal tahun ini, tidak ada satupun aturan yang menyinggung dengan pilihan rasa tertentu. Masih ingat dengan awal bulan Februari lalu, Kementrian Kesehatan mulai membatasi penjualan produk vaping untuk orang dewasa, melarang promosi produk tersebut di toko ritel dan penggunaannya di beberapa ruang publik.

Dalam pembukaan sesi konsultasi, diharapkan ada masukan dari para pemangku kepentingan tentang pilihan yang tersedia untuk para vaper seperti membatasi penjualan produk rasa ke toko khusus, online atau di apotek, melarang rasa dengan tingkat nikotin tinggi dan hanya mengizinkan rasa yang saat ini tersedia dalam NRT.

Sementara itu, kelompok advokasi kesehatan Saskatchewan, berharap provinsi lain mengikuti melarang produk vaping beraroma. Kelompok tersebut mengirimkan pernyataan tentang posisi mereka ke Kementerian Kesehatan bertepatan dengan penutupan konsultasi.

CDC / Unsplash
Provinsi Kanada lainnya telah menetapkan larangan rasa total. Tercatat pada bulan Januari lalu, Nova Scotia menjadi provinsi pertama di Kanada yang melarang penjualan produk vaping beraroma dan rokok elektrik dalam upaya memerangi vaping remaja.

Temuan dari survei yang dilakukan oleh grup nirlaba Smoke Free Nova Scotia, menunjukkan bahwa 95 persen remaja yang menggunakan vape lebih menyukai rasa dan lebih dari 48 persen mengatakan mereka akan berhenti menggunakan vape, jika pilihan rasa dilarang. Sejak larangan tersebut berlaku bulan April lalu, satu-satunya rasa yang tersedia untuk dijual di seluruh provinsi adalah natural dan tembakau.

(Via Global News)

Comments

Comments are closed.