Jaksa Agung California Mendukung Larangan Penjualan Produk Vaping

By Bayu Nugroho | News | Senin, 17 Mei 2021

Jaksa Agung California, Rob Bonta, pada hari Jumat (14/5) mengajukan laporan singkat di United States Court of Appeals for the Ninth Circuit untuk mendukung peraturan Los Angeles County yang melarang penjualan vaping rasa dan produk tembakau lainnya.

Secara singkat, Bonta berpendapat bahwa Tobacco Control Act federal masih mempertahankan otoritas negara bagian dan lokal untuk menerapkan pembatasan penjualan pada produk tembakau beraroma.

“Berulang kali, Big Tobacco telah mencoba untuk mengendalikan upaya pemerintah negara bagian dan lokal untuk melindungi keuntungan mereka. Kami memiliki tanggung jawab untuk melindungi warga California dari bahaya penggunaan tembakau, dan hak hukum untuk menerapkan peraturan yang melarangnya,” kata Bonta dalam sebuah pernyataan.

Penggunaan rokok tembakau adalah pembunuh nomor satu yang dapat dicegah di Amerika Serikat. Mengakibatkan lebih banyak kematian daripada jumlah orang yang meninggal karena alkohol, AIDS, kecelakaan mobil, obat-obatan terlarang, pembunuhan, dan bunuh diri.

CalMatters / Anne Wernikoff
Rob Bonta: “Setiap tahun, ratusan ribu orang Amerika akan meninggal karena penyakit terkait tembakau. Lebih banyak lagi yang akan merokok untuk pertama kalinya, memulai jalan yang mematikan menuju kecanduan.”

Menyadari bahwa produk tembakau beraroma mendorong inisiasi penggunaan tembakau terutama di kalangan anak muda, negara bagian dan lokal di seluruh negeri telah menerapkan larangan penjualan eceran produk tembakau beraroma. Di California saja, setidaknya 71 kota dan county telah melarang penjualan semua produk tembakau beraroma kepada konsumen.

(Via NBC Los Angeles)

Comments

Comments are closed.