Ini Alasan Wanita Tidak Diperbolehkan Vaping Saat Sedang Hamil

By Vape Magz | News | Sabtu, 23 Juli 2022

Ilustrasi wanita vaping (sumber foto : www.instagram.com)

Vapemagz – Sebagian ibu hamil yang merupakan perokok berat, terkadang mencari alternatif dalam memenuhi kebutuhan nikotinnya lewat rokok elektrik (vape). Mereka berasumsi bahwa vaping selama dapat membantu mengurangi kebiasaan merokok. Namun, benarkah aman digunakan?

Sebuah penelitian yang dipublikasikan JAMA Pediatrics menemukan sekitar 3,6 persen responden wanita hamil menggunakan rokok elektrik. Temuan ini muncul setelah beredar anggapan bahwa vape lebih aman ketimbang rokok konvensional.

Menanggapi hal ini, Dokter Kandungan, Dr. Sherry Ross mengatakan, rokok berjenis apa pun tetap tidak aman bagi ibu hamil. Sebab, belum ada penelitian yang menunjukkan rokok elektrik bisa menjadi alternatif rokok konvensional. Sehingga, menghindari merokok adalah keputusan terbaik.

“Ada kesalahpahaman tentang vaping yang aman karena mereka dianggap tidak benar-benar merokok. Tetapi karena tidak ada penelitian yang secara pasti membuktikan vaping aman atau tidak, tidak ada alasan untuk mengatakan vaping aman untuk ibu hamil,” ujar Sherry, dikutip dari Healthline, Sabtu (23/7/2022).

Sementara itu, dokter kandungan dari Loma Linda University Children’s Hospital, Courtney Martin, DO, rokok elektrik tetap memiliki risiko yang sama seperti rokok konvensional. Bahkan, zat nikotin dan komponen adiktif lainnya yang ada di rokok elektrik tetap berefek buruk bagi kehamilan.

“Jadi, apabila Anda sedang hamil dan merokok, termasuk dengan rokok elektrik, ada baiknya untuk berhenti dari sekarang. Jika sulit menghentikannya, segera konsultasi dengan dokter untuk dicarikan solusi bersama,” imbuhnya.

 

 

Comments

Comments are closed.