Inggris Larang Iklan Nordic Spirit Yang Menyiratkan Memberi Efek Stimulan Untuk Gamer

By Bayu Nugroho | News | Sabtu, 17 April 2021

Advertising Standards Authority (ASA) Inggris telah melarang iklan kantong nikotin Nordic Spirit, karena menyiratkan bahwa produk tersebut memiliki efek yang mampu mengubah suasana hati dan stimulan.

Iklan tersebut muncul di Crunchyroll, sebuah layanan streaming anime, dimana dalam iklan tersebut digambarkan orang-orang yang menggunakan kantong Nordic Spirit saat mereka bersiap untuk memainkan game online.

Sementara iklan teks terus bermunculan berbunyi, “pengalaman nikotin baru”, “rasa yang enak”, “kenyamanan seukuran saku”, dan “jangan pernah melewatkan momen ini”. Ada teks kecil di layar yang menyatakan bahwa produk itu untuk mereka yang berusia 18 tahun ke atas, produk yang mengandung nikotin membuat ketagihan.

The Northerner Blog
ASA mengungkapkan sebuah iklan tidak akan melanggar aturan, jika ditargetkan secara tepat kepada penontonnya. Namun, ditemukan bahwa produk tersebut tidak diiklankan secara bertanggung jawab.

Gallaher selaku produsen dari Nordic Spirit mengatakan iklan tersebut tidak bermaksud untuk menargetkan anak di bawah umur. Menurut perusahaan, 85 persen penonton anime di Crunchyroll berusia 18 tahun atau lebih. Layanan streaming pada umumnya mengharuskan penggunanya untuk mengonfirmasi bahwa mereka setidaknya berusia 16 tahun.

“Kami menganggap bahwa iklan tersebut menampilkan sebuah reaksi kegembiraan terkait penggunaan produk bersamaan saat bermain game. Ini menyiratkan bahwa Nordic Spirit memiliki efek yang bisa mengubah suasana hati dan stimulan, yang akan meningkatkan kenikmatan dalam permainan. Dalam konteks iklan untuk produk yang mengandung nikotin, kami menganggap itu tidak bertanggung jawab dan melanggar,” kata ASA.

(Via The Evening Standard)

Comments

Comments are closed.