Iklan Vape Di Australia Diizinkan, Berikut Rinciannya!

By Vape Magz | News | Senin, 27 Desember 2021

Karena peraturan penjualan rokok elektrik 1 Oktober semakin mendekat, pengumuman baru dari Therapeutic Goods Administration (TGA) mengatakan apotek yang memasok vape atau cairan nikotin resep, mungkin dalam beberapa keadaan, diizinkan mengiklankan produk tersebut. Pada tahun 2020, Menteri Kesehatan Federal Australia, Greg Hunt telah mengumumkan tindakan baru yang melarang impor cairan vape yang mengandung nikotin. Adapun sejumlah pakar kesehatan masyarakat, advokat pengurangan dampak buruk tembakau dan anggota parlemen, telah menentang tindakan ini, yang akhirnya membuat larangan tersebut ditunda. Namun awal tahun ini TGA mengumumkan bahwa penjualan produk akan dibatasi ke apotek melalui resep “..import e-rokok nikotin dan nikotin cair untuk vaping akan memerlukan resep dokter. Yang mana hal tersebut sejalan dengan pembatasan domestik saat ini di bawah undang-undang Negara Bagian dan Wilayah, yang melarang pasokan nikotin yang mengandung rokok elektrik di Australia tanpa resep medis yang sah.”

 

Izin untuk membuat ‘representasi terbatas’ dari produk vaping

Sementara itu, pengumuman terbaru muncul dan memberikan izin kepada apoteker untuk membuat ‘representasi terbatas’ dari produk vape. Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Senin 5 Juli lalu, TGA mengatakan “secara umum, tidak sah untuk mengiklankan obat resep. Namun, TGA telah memberikan izin hukum yang memungkinkan apotek dan kelompok pemasaran apotek untuk mengiklankan (atau mempromosikan), melalui media tertentu, berbagai macam hal agar mendapatkan nikotin rokok elektrik dan nikotin cair dengan resep dokter”.

“Artinya, pasien yang telah diberi resep nikotin cair untuk berhenti merokok akan tahu di mana mereka bisa mengisi resep,” lanjut pernyataan tersebut. “Apotek yang mengeluarkan rokok elektrik nikotin atau nikotin cair dengan resep dapat, dalam keadaan tertentu, mempromosikan kepada mereka yang ingin mengisi resep mereka bahwa apotek tersebut memiliki persediaan.”

 

Panduan iklan vape

Sebuah artikel tentang AJP merangkum panduan TGA sebagai berikut:

      1. menggunakan informasi untuk membantu masyarakat dalam memperoleh produk vaping nikotin seperti:
      2. lokasi di mana rokok elektrik atau produk vaping nikotin tersedia dengan resep untuk membantu berhenti merokok
      3. jenis produk vaping nikotin yang tersedia, misalnya cairan vape nikotin, cairan elektronik nikotin atau perangkat seperti rokok elektrik (termasuk rokok elektrik yang menyerupai rokok mudah terbakar, yang menggunakan pod atau yang disebut ‘mod’) – namun iklan tersebut tidak boleh mencantumkan nama dagang dari suatu produk
      4. apakah larutan nikotin dalam bentuk basa atau garam

Namun, setiap promosi tidak boleh:

      1. dibuat menggunakan radio atau televisi (termasuk layanan streaming)
      2. dipromosikan di situs web atau iklan lain apa pun yang tidak berada di bawah kendali langsung apotek atau grup pemasaran apotek
      3. dipromosikan oleh influencer media sosial atau duta merek
      4. dipromosikan melalui platform media sosial menggunakan promosi berbayar
      5. berisi representasi bergambar dari rokok elektrik nikotin atau nikotin cair
      6. mengandung nama dagang
      7. mengandung referensi rasa
      8. pernyataan atau implikasi bahwa vaping tidak berbahaya atau kurang berbahaya daripada merokok
      9. berisi pernyataan atau implikasi bahwa rokok elektrik yang ditebar lebih unggul dari yang lain
      10. termasuk insentif untuk mendorong pengguna menggunakan rokok elektrik nikotin.

 

Grup lokal mengkritik TGA karena menerbitkan daftar penjual vape resmi

Sementara itu, seolah pembatasan vape saat ini tidak cukup membuat vape sulit didapat sebagai alat bantu berhenti merokok, Asosiasi Medis Australia (AMA) sekarang mendesak TGA untuk menghentikan penerbitan rincian resep resmi produk vape. Dalam sebuah surat kepada TGA, Presiden AMA Dr. Omar Khorshid mengatakan dia sangat prihatin dengan fakta bahwa TGA akan menerbitkan daftar resep resmi produk vaping nikotin. Dia mengklaim bahwa para penjual vape ini “menyamarkan” diri mereka sendiri sebagai layanan berhenti merokok, padahal sebenarnya mereka tidak lebih dari menyediakan akses mudah ke produk adiktif.

Sebaliknya, pakar kesehatan masyarakat Australia dan advokat pengurangan dampak buruk tembakau Dr. Colin Mendelsohn secara konsisten menyoroti bahwa pembatasan yang diberlakukan akan merugikan kesehatan masyarakat. “Persyaratan Australia untuk resep nikotin rumit, mahal dan tidak perlu dan membuat lebih sulit untuk mengakses produk vaping daripada rokok. Apakah itu yang benar-benar diinginkan Greg Hunt?” kata Mendelsohn.

 

(Via vapingpost.com)

Comments

Comments are closed.