Hubungan Antara Skizofrenia Dan Merokok

By Bayu Nugroho | News | Minggu, 2 Mei 2021

Selama bertahun-tahun, banyak ditemukan pasien dengan penyakit mental seperti skizofrenia mempunyai kebiasaan buruk merokok. Fakta telah membuktikan bahwa merokok berat terkait erat dengan penyakit mental ini.

Di antara pasien skizofrenia, tingkat merokok diyakini dua hingga empat kali lebih tinggi. Dibandingkan dengan perokok harian, sebagian besar perokok dengan skizofrenia merokok lebih banyak setiap hari dan memilih merek rokok dengan nikotin yang lebih kuat.

Banyak penelitian dan teori telah diajukan tentang mengapa kebanyakan orang dengan gangguan jiwa ini merokok. Para ahli percaya bahwa nikotin dapat digunakan sebagai bentuk pengobatan sendiri untuk pasien skizofrenia. Meski merokok memiliki efek negatif pada kesehatan jangka panjang, nikotin tetap menghasilkan banyak efek menguntungkan.

Orang dengan skizofrenia mengatakan merokok membantu mengurangi gejala mereka. Berbagai penelitian telah mengkonfirmasi hal ini, membuktikan bahwa merokok berhubungan langsung dengan pengurangan gejala negatif gangguan jiwa.

Gejala ini termasuk kurangnya motivasi, kecemasan, dan menarik diri dari lingkungan sosial. Para ahli skizofrenia percaya bahwa efek ini disebabkan oleh kemampuan nikotin untuk meningkatkan tingkat dopamin di area otak yang berhubungan dengan kesadaran dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar orang tersebut.

Prevention.com
Mengingat efek negatif nikotin pada kesehatan, termasuk peningkatan risiko penyakit jantung dan kanker. Para ahli percaya bahwa ada kebutuhan mendesak untuk perawatan yang dapat memberikan manfaat nikotin tanpa mengganggu kesehatan jangka panjang. Vaping merupakan cara yang paling baik untuk menggantikan merokok.

Clozapine dianggap sebagai antipsikotik atipikal yang dapat meredakan gejala negatif, dan cara kerjanya serupa. Di sisi lain, tidak ada bukti bahwa nikotin berpengaruh pada gejala positif skizofrenia. Selain itu, jika nikotin ditarik dari perokok yang menderita penyakit mental, gejala ini tidak akan berkurang.

Mengurangi efek samping obat skizofrenia adalah salah satu alasan di balik skizofrenia merokok secara berlebihan. Selain itu, juga ditemukan bahwa nikotin dapat melawan efek samping antipsikotik yang merugikan pada fungsi mental tertentu. Sebuah penelitian terhadap pasien skizofrenia yang mengonsumsi obat antipsikotik seperti haloperidol menimbulkan sebuah efek samping berupa bercak pada kulit akibat nikotin.

(Via NCBI)

Comments

Comments are closed.