Health Canada Batasi Penggunaan Iklan untuk Produk Vaping

By Vapemagz | News | Senin, 11 Februari 2019

Departemen Kesehatan Kanada (Health Canada) mengusulkan pembatasan baru pada iklan produk vapor dan rokok elektronik untuk menjauhi produk dari kaum muda atau anak di bawah umur. Hal ini dilakukan seiring merebaknya kekhawatiran tentang peningkatan popularitas produk di kalangan remaja.

Peraturan yang diusulkan ini belum difinalisasi, sementara Health Canada menanti komentar publik tentang peraturan yang diusulkan hingga 22 Maret 2019. Aturan ini kelak bakal membatasi periklanan produk vape di mana kaum muda kemungkinan melihatnya.

Hal ini berarti tidak mengizinkan iklan vape di titik penjualan yang bisa diakses kaum muda, termasuk penjualan online. Dengan demikian, aturan ini akan menghapus iklan dari tempat-tempat umum seperti mal, baliho dan angkutan umum. Iklan untuk produk vaping juga tidak akan diizinkan dalam waktu 30 menit dari acara televisi atau radio yang ditujukan untuk anak-anak atau remaja, dan tidak akan diizinkan dalam publikasi apa pun, termasuk platform media sosial.

Selain itu, Health Canada mewajibkan iklan untuk produk vaping harus menyertakan peringatan kesehatan, apakah produk mengandung nikotin atau tidak. Beberapa provinsi sudah membatasi iklan produk vaping, tetapi Alberta, Saskatchewan, Nunavut, Yukon dan Northwest Territories tidak melakukannya.

“Saya sangat prihatin dengan laporan baru-baru ini bahwa vaping di kalangan kaum muda sedang meningkat. Kami tidak dapat membiarkan produk ini mengancam langkah yang telah kami buat dengan susah payah dalam pengendalian tembakau,” kata Menteri kesehatan Ginette Petitpas Taylor.

msdsonline.com
Health Canada bergerak untuk membatasi iklan vape demi menjauhkan produk dari kaum muda.

Menurut sebuah studi yang dilakukan pada 2016-17, 10 persen siswa di Kelas 7 hingga 12 dilaporkan telah menggunakan rokok elektrik dalam 30 hari terakhir. Angka ini sudah mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

“Peningkatan dramatis dalam vaping pemuda di Kanada sangat memprihatinkan,” kata Rob Cunningham, analis kebijakan senior di Canadian Cancer Society. “Kami sangat mendukung pembatasan yang diusulkan dan mendesak agar mereka diadopsi sesegera mungkin. Pembatasan harus diperkuat, termasuk dengan melarang semua iklan rokok elektronik di televisi dan radio,” tambahnya.

Health Canada juga memperkenalkan kampanye kesehatan masyarakat yang meminta remaja untuk mempertimbangkan “konsekuensi dari vaping.” Mengingat proses pengaturan, beberapa advokat kesehatan masyarakat tidak yakin pembatasan ini akan segera terjadi.

“Peraturan akan memakan waktu dua tahun atau lebih, terutama mengingat pemilihan federal yang akan datang. Puluhan ribu anak akan menjadi kecanduan nikotin pada saat peraturan baru mulai berlaku,” kata Neil Collishaw, direktur penelitian untuk Smoke-Free Canada. Dia berpikir bahwa pemerintah harus memperkenalkan undang-undang sebagai gantinya.

(Via Global News)

Comments

Comments are closed.