Gubernur California Usulkan Pajak Vaping Baru Berdasarkan Konten Nikotin

By Vapemagz | News | Minggu, 12 Januari 2020

Khawatir dengan epidemi vaping di kalangan kaum muda, Gubernur California Gavin Newsom pada hari Jumat (10/1) mengusulkan pajak baru California pada produk rokok elektronik yang menggunakan nikotin. Dirinya memberikan dukungan di balik rencana legislatif untuk melarang semua penjualan tembakau beraroma pada akhir tahun ini.

Newsom mengusulkan pajak tambahan berdasarkan konten nikotin yang akan menjadi USD2 untuk setiap 40 miligram nikotin dalam suatu produk, yang menurut gubernur setara dengan pajak pada sebungkus rokok. Termasuk dalam anggaran negara yang diusulkan Newsom untuk tahun 2020-2021, retribusi akan dilaksanakan mulai 1 Januari 2021, dan memerlukan persetujuan dari Badan Legislatif.

Dalam mengumumkan rencana tersebut, gubernur mengatakan lonjakan vaping oleh remaja yang disorot dalam laporan federal baru-baru ini yang memperkirakan 5 juta siswa sekolah dilaporkan telah menggunakan rokok elektrik dalam periode 30 hari terakhir.

Nick Ut / Associated Press
Gubernur California, Gavin Newsom.

Angka ini meningkat signifikan dari 3,6 juta di tahun sebelumnya. Para ahli mengatakan pajak baru ini dapat membuat produk vaping secara finansial di luar jangkauan bagi beberapa konsumen muda.

“Ini membuat saya takut sebagai orangtua, mendengar apa yang saya dengar. Apa yang terjadi di sekolah dan saya pikir pajak vaping ini sudah lama tertunda,” kata Newsom kepada wartawan di Capitol.

Proposal Newsom diresmikan hanya beberapa hari setelah pemerintah Donald Trump mengumumkan larangan parsial untuk produk vaping rasa dan legislator California memperkenalkan undang-undang yang secara permanen melarang penjualan semua tembakau beraroma di toko-toko ritel. Proposal negara bagian akan diperluas ke produk-produk dengan rasa mentol, yang tidak tercakup oleh larangan milik Trump.

Penulis utama RUU ini, Senator Jerry Hill (dari Partai Demokrat wilayah San Mateo), menyambut baik dukungan gubernur tentang larangan produk-produk rasa. Hill menyebut vape sebagai pintu gerbang bagi kaum muda untuk merokok dan kecanduan.

(Via LA Times)

Comments

Comments are closed.