French League Against Cancer: Film Prancis Terlalu Banyak Adegan Merokok

By Bayu Nugroho | News | Rabu, 9 Juni 2021

Berdasarkan informasi dari French League Against Cancer, adegan merokok dalam sebuah film hanya mempunyai batas waktu 2,6 menit saja, yang setara dengan enam iklan rokok.

“Tembakau tak pernah hilang dalam film Prancis. Adegan merokok ini semakin banyak dimasukan dalam film, seperti mengagungkan rokok,” kata League.

Dari 46 persen film terlaris Prancis mulai tahun 2010 hingga 2018, banyak menampilkan adegan merokok secara berlebihan. Maka dari itu, League mendesak langkah sensor baru untuk mengurangi durasi adegan tersebut dalam film.

Getty Images
Merokok telah menjadi hal biasa di film Prancis sejak aktor seperti Brigitte Bardot berada di puncaknya selama New Wave.

Seorang anggota League, Yama Dimirova, mengatakan pemerintah Prancis perlu bergerak cepat untuk membatasi adegan merokok dalam film. “Meskipun kami memiliki program pencegahan merokok, adegan merokok dalam film akan berdampak langsung pada normalisasi merokok di masyarakat,” kata Dimirova.

Pemerintah Prancis harus tegas dalam menyensor konten rokok dalam iklan dan film, karena merokok diyakini sebagai penyebab jutaan kematian setiap tahunnya di dunia.

(Via BBC)

Comments

Comments are closed.