FDA Salah Mengeluarkan Surat Peringatan, Permasalahan Baru Terkait Proses PMTA

By Bayu Nugroho | News | Sabtu, 10 Juli 2021

Food and Drug Administration (FDA) AS mengakui bahwa proses Premarket Tobacco Product Application (PMTA) belum sempurna. Baru-baru ini, FDA dituduh telah mengeluarkan surat peringatan palsu, FDA mengakui memiliki masalah dengan software pengarsipan PMTA.

Pada 9 Juli, FDA telah mengeluarkan 130 surat peringatan untuk pemasaran produk vape ilegal. Mayoritas surat-surat tersebut menyasar pada produk liquid yang diproduksi dan dijual secara online oleh toko retail vape kecil.

Beberapa pemilik retail vape kebingungan karena menerima surat peringatan dari FDA, padahal mereka sudah mengajukan PMTA sesuai dengan prosedur yakni sebelum batas waktu 9 September 2020.

Menurut postingan Facebook dari American Vaping Manufacturers Association (AVM), setidaknya ada dua perusahaan telah menerima surat peringatan, padahal sudah mengajukan PMTA sebelumnya.

KPSG
AVM tidak menyebutkan secara lengkap perusahaan mana saja yang produknya dikeluarkan FDA atau telah menerima surat peringatan palsu.

FDA mengoreksi kesalahannya dalam surat tindak lanjut, setelah menerima keluhan dari perusahaan. Meskipun jumlahnya mungkin kecil, hal itu menunjukkan bahwa FDA kewalahan dengan jumlah pengajuan yang sedang ditinjau.

Masalah lainnya yang muncul adalah ketika FDA merilis daftar produk legal yang diperbolehkan dijual di AS. Tercatat ada 360 perusahaan yang sudah masuk daftar, namun setidaknya ada lima perusahaan dihilangkan dari daftar tersebut, menurut postingan Amanda Wheeler dari AVM.

Diketahui Humble Juice Co. telah mengajukan PMTA tepat waktu, kemudian menerima surat penerimaan persetujuan. Lalu tanpa ada alasan yang jelas, daftar produk mereka dikeluarkan dari FDA.

(Via FDA)

Comments

Comments are closed.