FDA Kembali Keluarkan Ancaman Secara Terang-Terangan

By Bayu Nugroho | News | Selasa, 22 Januari 2019

Food and Drug Administration (FDA) telah mengeluarkan aksi anti-vaping lagi, lewat komisaris Scott Gottlieb memperingatkan “ancaman eksistensial” bagi produsen rokok elektrik jika mereka tidak mematuhi tuntutan agensi yang semakin kejam. Lewat ancaman ini, FDA bisa saja mengambil produk dari pasar sepenuhnya, dan memaksa produsen untuk kembali produknya dengan harga yang jauh lebih tinggi.

Fokus pada kata-kata kasar Gottlieb yang menyerang JUUL Labs, secara langsung menjadi objek kebencian utama bagi aktivis anti-harm reduction. Meskipun perusahaan tidak menjual “rasa permen” dan menjalankan kebijakan penjualan berlebihan yang ketat, Gottlieb terus menuduh JUUL melakukan pemasaran yang tidak bertanggung jawab dan mendorong produk-produk mereka kepada kaum muda.

Yahoo Finance
Terlepas dari kerasnya tuntutan FDA, beberapa ekstremis ingin mereka melangkah lebih jauh. Kelompok-kelompok seperti American Lung Association dan Tobacco-Free Kids menginginkan larangan total terhadap e-liquid rasa dan penjualan online.

Ancaman Gottlieb adalah jika produsen tidak mematuhi permintaan “sukarela” FDA, ia akan menggunakan Deeming Regulation untuk melarang mereka menjual produk apa pun yang belum diberikan Pre-Market Tobacco Authorization (PMTA). Untuk mendapatkan persetujuan PMTA melibatkan ribuan halaman dokumen dan biaya hingga beberapa juta dolar. Bila memang FDA sungguh-sungguh menerapkan syarat seperti ini tentu akan menghancurkan vaping di Amerika Serikat.

(Via NBC News)

Comments

Comments are closed.