Fasilitasi Ekspor Tembakau, Ini Aksi Bea Cukai!

By Vape Magz | News | Kamis, 20 Januari 2022

Bea Cukai terus berupaya meningkatkan daya saing produk lokal menuju pasar global melalui pelayanan ekspor. Bea Cukai memberikan layanan ekspor di wilayah Jawa Tengah dan DIY melalui Bea Cukai Tanjung Emas dan Bea Cukai Yogyakarta.

“Dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, pengembangan ekspor usaha mikro, kecil, dan menengah menjadi fokus kami. Dengan memasarkan produk Indonesia ke luar negeri diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri,” ungkap Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan, Hatta Wardhana.

Bea Cukai Tanjung Emas bersama Pemerintah Jawa Tengah dukung ekspor dengan metode pengiriman langsung ke daerah tujuan atau direct call ekspor melalui Garuda Indonesia, pada Kamis (20/01/2022). Produk yang diekspor merupakan komoditas unggulan Jawa Tengah berupa produk perikanan dan berbagai produk UMKM.

Pengiriman melalui pesawat kargo ini menjadi solusi karena pengiriman barang sempat terkendala lantaran ditutupnya akses kapal pengangkut barang ke berbagai negara.

“Dengan adanya penerbangan langsung, tentunya dapat menjaga kualitas kesegaran produk ekspor dari hasil pertanian dan perikanan yang memerlukan kecepatan waktu. Kami berharap hal ini dapat menghasilkan produk yang kompetitif di kancah global,” terang Hatta.

Kemudian di Yogyakarta, Bea Cukai Yogyakarta mendatangi PT Taru Martani pada Rabu (12/01/2022) guna melakukan layanan ekspor. Layanan ekspor yang diberikan Bea Cukai berupa fasilitas tidak dipungut cukai terhadap sejumlah 1.650 pak cerutu tujuan Jerman.

PT Taru Martani adalah salah satu pabrik cerutu milik negara yang berlokasi di Baciro, Kota Yogyakarta. Selain cerutu, PT Taru Martani juga memproduksi tembakau iris (TIS). “Kami mendukung penuh produk Indonesia agar dapat dipasarkan di luar negeri, seperti halnya PT Taru Martani yang dapat menembus pasar Eropa dan Amerika. Kami juga mendorong dan memberikan pendampingan terhadap produk lainnya dalam negeri yang menjadi tujuan ekspor. Hal ini dilakukan guna mendukung pemulihan ekonomi nasional,” tutup Hatta.

 

(Via tribunnews.com)

Comments

Comments are closed.