Facebook dan Instagram Rencanakan Batasi Konten Rokok Dan Alkohol

By Bayu Nugroho | News | Senin, 29 Juli 2019

Media sosial dalam waktu dekat ini akan mengalami beberapa pembatasan terkait penjualan produk alkohol, tembakau dan rokok elektrik. Kebijakan baru yang baru-baru ini diajukan oleh Kongres Amerika Serikat ini nantinya akan membatasi beberapa konten yang membahas produk tersebut.

Bila memang nantinya kebijakan ini disahkan, siapapun yang mengunggah konten terkait tiga macam produk tersebut diharuskan berusia di atas 18 tahun. Bahkan kebijakan ini akan berlaku pula pada grup Facebook yang memang menjual produk tersebut, jika tidak mengikuti aturan kebijakan, maka pemerintah AS tidak akan segan untuk menghapus paksa grup tersebut.

“Facebook dan Instagram menggunakan kombinasi antara teknologi, kajian manusia dan laporan dari komunitas kamu untuk menemukan dan menghapus konten apapun yang menyalahi kebijakan ini,” ungkap juru bicara Facebook.

Business 2 Community
Bila kebijkan ini resmi disahkan, beberapa akun Instagram atau grup Facebook akan menjadi sorotan pemerintah.

Namun, kebijakan ini masih mempertimbangkan apakah akan berlaku pada influencer yang dibayar untuk mempromosikan produk mengandung nikotin, mengingat mereka hanya model untuk produk tersebut demi kepentingan iklan. Tentu kebijakan ini masih dalam pengkajian yang cukup panjang, karena aturan ini mungkin akan membatasi semua penjualan, penukaran, transfer dan hadiah alkohol dan produk tembakau secara pribadi.

(Via Detik Health)

 

Comments

Comments are closed.