European Citizens’ Initiative Menuntut Peraturan Vaping Yang Lebih Cerdas

By Bayu Nugroho | News | Jumat, 15 Maret 2019

European Citizens’ Initiative diperkenalkan sebagai alat pengaturan agenda di tangan warga sejak bulan April 2012. Setelah terdaftar secara resmi, European Citizens’ Initiative memungkinkan membentuk regulasi satu juta warga dari setidaknya seperempat negara anggota Uni Eropa, untuk mengundang European Commission untuk membuat perubahan peraturan di bidang yang berada di bawah yurisdiksinya.

“Mari menuntut peraturan vaping yang lebih cerdas!”, diciptakan oleh tujuh warga negara Uni Eropa yang merupakan penduduk dari 7 negara Uni Eropa yang berbeda, dan mendesak European Commission untuk menghapus produk vaping dari Tobacco Products Directive (TPD), dan membuat standalone, proporsional, dan berbasis bukti yang memberikan regulasi lingkungan seperti:

● Mengizinkan perokok memiliki akses ke informasi yang akurat dan kredibel tentang keamanan relatif vaping dan merokok
● Mengizinkan e-liquid vaping berasa
● Memastikan bahwa pemasaran untuk produk vaping tidak menargetkan remaja atau non-perokok
● Mengurangi risiko bagi konsumen produk vaping dengan memperkenalkan standar manufaktur yang kuat dan keamanan produk.

Getty Images / AFP
Februari lalu, European Commission menerima pendaftaran European Citizens’ Initiative yang berjudul “Mari menuntut peraturan vaping yang lebih cerdas!”, yang meminta komisi untuk menghapus produk vaping dari Tobacco Products Directive (TPD).

Kampanye ini, merefleksikan pendapat dari banyak ahli kesehatan masyarakat dan pengurangan dampak buruk tembakau. Faktanya, di Inggris saja, data yang dirilis pada musim panas lalu oleh Kantor Statistik Nasional telah mengindikasikan perubahan tren penurunan positif dari angka berhenti merokok yang telah dibanggakan oleh negara tersebut. Untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, peningkatan angka merokok orang dewasa disaksikan, sementara pertumbuhan pesat jumlah orang yang beralih dari merokok menjadi vaping telah menurun secara signifikan.

Sayangnya tren ini bahkan telah diprediksi, sebagian karena pembatasan TPD yang tidak masuk akal. Faktanya, para ahli anti-rokok telah menjelaskan mengapa Inggris pasca brexit arus mempertimbangkan untuk menyingkirkan peraturan vape di seluruh Uni Eropa yang tidak efektik.

(Via European Commission)

Comments

Comments are closed.