Duo Big Tobacco Dituntut Ganti Rugi Biaya Kesehatan Masyarakat Brasil

By Vapemagz | News | Senin, 3 Juni 2019

Kantor Kejaksaan Brasil (AGU) menuntut raksasa perusahaan tembakau di negaranya ke pengadilan Federal Rio Grande do Sul. Duo Big Tobacco, British American Tobacco (BAT) dan Philip Morris International (PMI), dituntut untuk mengganti biaya kesehatan akibat dampak konsumsi tembakau di masyarakat.

Total AGU menuntut perusahaan rokok untuk menutupi biaya perawatan 26 jenis penyakit berkaitan dengan tembakau. Diperkirakan sistem kesehatan Brasil sendiri sudah mengeluarkan biaya sekitar Rp 208 triliun selama lima tahun terakhir untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh rokok dan asapnya.

“Karena keuntungan dari bisnis dikirim ke luar negeri, wajar jika perusahaan multinasional ini membayar sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat Brasil,” kata salah seorang jaksa penuntut, Davi Bressler.

cebds.org
Philip Morris International (PMI), dituntut untuk mengganti biaya kesehatan akibat dampak konsumsi tembakau di masyarakat.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam sebuah pernyataan resmi memberikan dukungan penuh pada upaya yang dilakukan para jaksa karena hal ini adalah untuk yang pertama kalinya bagi Brasil. Menurut WHO konsumsi tembakau masih jadi ancaman kesehatan paling besar, membunuh lebih dari 8 juta orang tiap tahun di dunia.

“Sekretariat WHO FCTC dan WHO mengapresiasi tindakan pemerintah Brasil mencari kompensasi dari perusahaan tembakau multinasional untuk biaya sosial ekonomi, penderitaan dan perawatan kesehatan yang diakibatkan oleh penyakit berhubungan dengan tembakau,” tulis WHO.

Sekadar informasi, Framework Convention on Tobacco Control (FCTC) adalah penjanjian dunia internasional yang diciptakan untuk mengendalikan penjualan dan promosi tembakau. Sejak berjalan pada tahun 2005 lalu, studi melihat bahwa telah ada efek penurunan konsumsi rokok hingga 2,5 persen.

(Reuters)

Comments

Comments are closed.