Di India Masih Banyak Rokok Dijual Meski Tanpa Label Peringatan Pemerintah

By Bayu Nugroho | News | Kamis, 1 November 2018

Sejak tanggal 1 September 2018, sebuah peraturan di India menuntut agar semua bungkus rokok diberikan sebuah label peringatan kesehatan menyoroti tentang bahaya merokok. Pemberitahuan perubahan tentang peringatan tersebut sudah dikeluarkan sejak bulan Agustus lalu.

Sayangnya dalam akhir bulan yang sama, peringatan lama itu harus dihentikan, sesuai dengan perubahan amandemen pada bulan Maret 2018 dalam Cigarettes and other Tobacco Products (Packaging and Labelling) Rules. Namun, pemeriksaan di beberapa titik penjualan tembakau mengindikasikan bahwa peraturan tersebut belum diberlakukan dalam dua bulan terakhir.

npr.org
India memiliki masalah tembakau yang sangat serius dan sayangnya populasi rokok rokok terbesar kedua di dunia ada di negara ini.

“Ya, kami mendapatkan banyak keluhan dari orang-orang dan berbagai organisasi. Persediaan lama itu ilegal. Kami sedang mencari arahan dari kementerian kesehatan untuk memulai tindakan terhadap vendor dan produsen yang telah melanggar pedoman,” kata Dr SK Arora, kepala badan kontrol tembakau negara bagian Delhi.

“Sesuai pemberitahuan, kami telah mengeluarkan instruksi pada bulan Agustus untuk mendidik vendor dan publik tentang peringatan kesehatan baru dengan nomor. Kami juga membuat peka supplier untuk tidak menjual stok lama dan mengembalikannya ke distributor. Tetapi pada pemeriksaan kami menemukan bahwa sejumlah besar stok sebelumnya masih tersedia di pasar. Ini mengalahkan tujuan peringatan kesehatan segar dari pemerintah pusat, ”tambah Arora.

(Via India Today)

Comments

Comments are closed.