‘Di Balik Satu Batang’ Film Dokumenter Tentang Petani Tembakau

By Vape Magz | News | Jumat, 20 Januari 2023

Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI) bekerja sama dengan Yayasan Sikola Mombine mengadakan Roadshow nonton bareng Film Dokumenter “Di Balik Satu Batang”, bertempat di Aula Rektor Unismuh Jl Rusdi Toana Nomor 1, Kelurahan Talise, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (19/01).

Roadshow ini dihadiri narasumber dari berbagai instansi diantaranya Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulteng, BPJS Kesehatan Provinsi Sulteng, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Pantoloan Sulteng, Wakil Rektor 1 Universitas Muhammadiyah, dan Dewan Perwakilan Remaja )DPR Sulteng. Adapun, film dokumenter di Balik Satu Batang ini menceritakan tentang dua orang pemuda yang menampilkan potret realita buruh dan petani tembakau dalam ekosistem bisnis rokok di Indonesia. Dalam film tersebut juga dijelaskan upah para pekerja tembakau yang hanya mencapai Rp 17 ribu untuk seribu batang. Kemudian, bagaimana para buruh yang sudah bekerja belasan tahun, namun tetap tidak memiliki jenjang karir yang jelas.

Dalam pertemuan ini berbagai narasumber menyampaikan pendapatnya mengenai masalah rokok hingga dampaknya bagi orang lain baik dari segi pertanian, Remaja, Bea Cukai, dan juga kesehatan. Dewan Perwakilan Remaja Kota Palu Reza Anugrah mengatakan Indonesia menjadi salah satu negara dengan prevalensi merokok tertinggi di dunia, dan ini menjadi ancaman serius bagi masa depan bangsa. Menurutnya remaja sebagai harapan bangsa masih belum memahami bahaya rokok sehingga masih mencoba rokok.

“Rokok ini menjadi ancaman besar bagi kita. Salah satu yang harus kita cegah adalah bagaimana mengatasi masalah konsumsi rokok pada remaja,” ungkapnya.

 

Via tribunnews.com

Comments

Comments are closed.