Di Australia Menggunakan Vape Tanpa Resep Dianggap Sebagai Perbuatan Ilegal

By Vape Magz | News | Senin, 20 September 2021

Australia akan segera menerapkan aturan ketat terkait produk rokok elektrik di negaranya. Pasalnya, aktivitas jual beli maupun penggunaan dari rokok elektrik dapat dianggap sebagai perbuatan yang ilegal bila tak memiliki izin dari pihak yang berwenang.

Mengutip dari laman resmi salah satu lembaga negara yang berada di bawah naungan Departemen Kesehatan Australia, Therapeutic Goods Administration/Administrasi Barang Terapi, per tanggal 1 Oktober 2021 warga Australia yang hendak membeli, menjual, maupun menggunakan produk rokok elektrik mesti memiliki resep dari praktisi medis yang terdaftar di negara itu. Produk rokok elektrik yang dimaksud meliputi vape, pod, serta cairan liquid.

“Ini berarti bahwa ketika konsumen membeli produk secara online dari luar negeri, maka secara hukum akan memerlukan resep dari praktisi medis yang terdaftar di sini,” tulis laman tga.gov.au, Senin (20/9/2021).

Diketahui sebelumnya, Administrasi Barang terapi pada 21 Desember 2020 mengumumkan keputusan bahwa mulai tanggal 1 Oktober 2021 warga Australia mesti memiliki resep yang valid untuk mengimpor produk rokok elektrik.

Ilustrasi orang tengah asyik vaping di sebuah jalan kota. (Foto: mattweberphotos)

Keputusan tersebut bertujuan untuk mencegah kaum remaja Australia dari paparan produk yang mengandung nikotin. Sebab menurut data Administrasi Barang Terapi, telah terjadi peningkatan yang signifikan dalam penggunaan rokok elektrik oleh para remaja Australia.

“Di bawah undang-undang negara bagian dan teritori yang ada, penjualan produk vape kepada konsumen tanpa resep adalah tindakan ilegal di Australia. Selain itu, kepemilikian atau penggunaan produk tersebut tanpa resep juga merupakan perbuatan yang ilegal di semua negara bagian terkecuali di Australia Selatan,” lanjutnya.

Saat ini, tidak ada produk rokok elektrik yang disetujui oleh Administrasi Barang Terapi sebagai produk yang legal. Sebab, produk tersebut belum diuji secara keilmuan sehingga dinilai belum memiliki syarat keamanan, kualitas, dan kemanjurannya.

“Vape belum teruji sebagai metode alternatif untuk berhenti merokok. Di Australia, ada berbagai produk yang sudah teruji dan terdaftar di Australian Register of Therapeutic Goods seperti nikotin semprot,nikotin tempel, dan permen karet,” pungkasnya.

Comments

Comments are closed.