Dewan Kota Wellington Pertimbangkan Larangan Vape di Area Pantai

By Vapemagz | News | Kamis, 14 Maret 2019

Anggota dewan Kota Wellington, Selandia Baru secara bulat memutuskan untuk menjadikan area pantai di seluruh Wellington menjadi area bebas asap rokok. Meski demikian, mereka masih menunda keputusan untuk memasukkan vape kedalam instrumen yang dilarang untuk digunakan di area pantai. Pemungutan suara tentang apakah larangan tersebut akan mencakup vaping akan dilakukan pada 21 Maret.

Sebuah survei dewan kota terhadap 2.269 orang pada 2018 menemukan sembilan dari 10 masyarakat bukan perokok dan hampir setengah dari perokok mendukung area pantai Wellington menjadi area bebas rokok. Nantinya, semua area pantai di Wellington akan ditetapkan sebagai area bebas asap mulai saat Daylight Savings pada akhir September. The Grey S Pocket square, area pejalan kaki antara Grey St dan Lambton Quay juga akan menjadi area bebas asap begitu pekerjaan konstruksi area selesai dalam beberapa bulan ke depan.

Anggota dewan Kota Wellington, Brian Dawson mengatakan vape seharusnya masuk dalam larangan demi mengurangi gangguan publik dari uap rasa buah-buahan hasil dari likuid vape beraroma. “Tidak ada yang mau berjalan dan mendapati segumpal besar uap vape ditiup ke wajah mereka oleh orang yang berjalan di depan mereka, terlepas dari seberapa aman uap vape itu,” katanya.

SUPPLIED/Stuff.co.nz
Anggota dewan Brian Dawson mengatakan vapers perlu memikirkan efek vape terhadap orang lain.

Sebelumnya, anggota dewan menunda pemungutan suara tentang apakah vaping akan termasuk dalam larangan lantaran khawatir untuk memberi pesan yang keliru kepada publik bahwa vaping sama tidak amannya dengan merokok. Padahal, menurut beberapa penelitian, vaping 95 persen lebih aman daripada merokok.

Elizabeth Strickett yang berbicara kepada dewan atas nama National Tobacco Control Advocacy, mengatakan dia mendukung larangan merokok di pantai tetapi menentang vape kedalam kategori instrumen yang dilarang. Elizabeth tidak ingin vape dinormalisasi sebagai rokok.

“Ada banyak informasi yang salah di luar sana tentang vaping. Memperlakukan vaping sama seperti merokok juga dapat mengirim pesan bahwa vaping sama berbahayanya. Hal ini dapat membahayakan inisiatif anti-merokok,” kata Strickett.

(Via Stuff.co.nz)

Comments

Comments are closed.