CDC: Kasus EVALI Nyaris Tembus 1.900 Kasus, 37 Tewas

By Vapemagz | News | Minggu, 3 November 2019

Penyakit terkait penggunaan vape (E-cigarette or Vaping Product use Associated Lung Injury atau EVALI) kian menelan banyak makan korban. Menurut laporan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), setidaknya 37 orang tewas, sementara 1.888 orang telah dirawat di rumah sakit.

Kini kasus EVALI sudah mewabah di hampir setiap negara bagian, kecuali Alaska. Sebagian besar korban adalah laki-laki dan di bawah usia 35, dengan usia mereka yang meninggal berkisar antara 17 hingga 75 tahun.

Ada tiga kematian masing-masing dikonfirmasi di California, Georgia, Indiana dan Minnesota dan dua kematian masing-masing di Illinois, Kansas, Oregon dan Tennessee. Sementara itu, satu kematian masing-masing telah dikonfirmasi di Alabama, Connecticut, Delaware, Florida, Massachusetts, Michigan, Mississippi, Missouri, Nebraska, New Jersey, New York, Pennsylvania, Texas, Utah, Virginia, dan Washington, DC.

Pejabat dari CDC, Badan Pengawasan Obat dan Makanan AS dan departemen kesehatan negara masih berlomba untuk mengidentifikasi apa sebenarnya tentang e-rokok yang membuat orang sakit parah, tetapi, karena sebagian besar korban melaporkan menggunakan vape Tetrahydrocannabinol (THC), para ahli telah memperingatkan agar tidak menggunakan produk ini.

Pejabat kesehatan telah menempatkan penyelidikan mereka pada produk yang mengandung THC, komponen psikoaktif utama dalam ganja. Sekitar 86 persen orang yang jatuh sakit telah melaporkan menggunakan polong THC, tetapi para ahli mengatakan mereka belum bisa mengesampingkan nikotin sebagai penyebab serentetan penyakit.

CDC via Daily Mail
Angka kematian terkait EVALI capai 37 orang.

Dari mereka yang jatuh sakit, 11 persen telah melaporkan penggunaan eksklusif produk yang mengandung nikotin. Para pejabat menambahkan bahwa remaja dan orang muda merupakan mayoritas dari penyakit karena rokok elektronik beraroma dipasarkan ke arah mereka.

Di tengah tekanan, perusahaan e-rokok JUUL mengumumkan pekan lalu bahwa mereka tidak akan lagi menjual polong rasa seperti creme brulee, mentimun, mangga, mint dan buah di mana saja.

Sementara itu, New York, Michigan, Montana, Rhode Island, Utah dan Washington telah memberlakukan larangan sementara pada produk-produk e-rokok beraroma. Massachusetts mengalahkan mereka semua dan telah memberlakukan larangan semua produk vape, beraroma atau tidak beraroma.

Banyak larangan ini menghadapi tantangan hukum dari pemilik toko vape yang mengatakan larangan akan merusak bisnis mereka. Di tingkat federal, Presiden Trump mengatakan pemerintahannya ingin menarik e-rokok berperisa dari pasar secara nasional. Namun kemudian Presiden tampaknya mengekang pernyataan sebelumnya, alih-alih mengirim tweet bahwa pemalsuan harus dihapus dari pasar.

E-rokok palsu atau bajakan yang menurut pejabat telah dipalsukan mengandung THC telah menjadi tersangka utama dalam mencari pelakunya wabah penyakit vaping tahun ini. Analisis terbaru dari jaringan paru-paru orang dengan EVALI menunjukkan bahwa bahan kimia beracun yang dilepaskan ketika e-liquid dipanaskan dapat merusak paru-paru.

Yang lain berteori bahwa minyak, termasuk basa gliserin yang digunakan dalam banyak produk vaping atau vitamin E asetat dapat memicu peradangan dan cedera. Para pejabat secara khusus memperingatkan kaum muda dan wanita hamil agar tidak mengisap vape.

(Via Daily Mail)

Comments

Comments are closed.