CAPHRA Sambut Berakhirnya Larangan Vaping di Hong Kong

By Vapemagz | News | Rabu, 17 Juni 2020

Kelompok-kelompok advokasi konsumen Asia dan advokasi pengurangan dampak buruk tembakau menyambut baik keputusan Dewan Legislatif Hong Kong (Legco) untuk menunda diskusi mengenai larangan yang diusulkan untuk produk vaping. Keputusan ini akan memberi para perokok dengan alternatif bebas asap rokok yang lebih aman.

Coalition of Asia Pacific Tobacco Harm Reduction Advocates (CAPHRA) menyambut baik pengumuman Komite Legco yang menghentikan diskusi mengenai usulan larangan rokok elektronik, produk tembakau yang dipanaskan (Heated Tobacco Product atau HTP) dan sistem pengiriman nikotin elektronik (ENDS) lainnya pada 2 Juni lalu.

Larangan vaping Hong Kong sangat ditentang oleh beberapa anggota komite yang mengutip studi ilmiah yang menunjukkan bahwa rokok elektrik, HTP dan sejenisnya memiliki tingkat racun yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan rokok konvensional yang mudah terbakar (combustible cigarettes).

Getty Images
Rokok elektrik atau vape.

CAPHRA mengatakan produk-produk nikotin bebas-rokok ini dianggap sebagai bagian dari pengurangan dampak buruk tembakau – sebuah strategi kesehatan masyarakat yang bertujuan untuk memberikan alternatif untuk mengurangi risiko yang disebabkan oleh merokok. Nancy Loucas, Koordinator Eksekutif CAPHRA, mencatat bahwa Hong Kong, seperti Jepang dan Korea, memiliki banyak mantan perokok yang telah beralih ke produk tembakau alternatif.

“Sungguh menyenangkan melihat bahwa beberapa pejabat yang terlibat dalam proses untuk menentukan nasib produk sangat menentang larangan berdasarkan ilmu yang membuktikan bahwa produk tembakau alternatif memiliki tingkat toksisitas yang lebih rendah dibandingkan dengan rokok. Ini sekaligus mengatasi kekhawatiran menciptakan hitam pasar dalam perdagangan ilegal produk, “kata Loucas.

Berdasarkan beberapa penelitian, tar dan karsinogen yang ditemukan dalam asap rokok ialah yang menyebabkan kematian dan penyakit yang berhubungan dengan merokok, bukan nikotin. Tidak seperti rokok yang mudah terbakar yang dikaitkan dengan 20.000 kematian sehari secara global, produk tembakau alternatif seperti vape tidak menghasilkan asap. Mereka menghasilkan nikotin dengan memanaskan dan tidak membakar tembakau.

(Via PRNewswire)

Comments

Comments are closed.