Bupati Pasuruan Sampaikan Keberatan Tentang Rencana Kenaikan Cukai Rokok 2021

By Bayu Nugroho | News | Rabu, 11 November 2020

Usulan kenaikan cukai rokok yang akan mulai dibahas di tahun 2021 memang memberatkan tak hanya untuk pembeli, melainkan juga produsen rokok itu sendiri. Bila belum lama Bupati Tegal, Umi Azizah, sudah menyampaikan keberatan tentang rencana tersebut, Bupati Pasuruan juga melakukan hal yang sama.

M Irsyad Yusuf, Bupati Pasuruan, menegaskan Pasuruan merupakan salah satu kabupaten di jawa Timur yang paling banyak menyumbang cukai untuk negara. M Irsyad mengakui tahun lalu saja sudah ada kenaikan 23 persen, jika naik lebih tinggi lagi akan berpengaruh cukup besar untuk industri ini.

“Negara ini harus proporsional dalam menaikkan cukai rokok. Karena akan berdampak pada perusahaan sektor padat karya. Mohon ini dipertimbangkan,” ungkap M Irsyad. Apabila kenaikan cukai rokok dilakukan di saat daya beli rendah, produksi rokok akan turun dan mempengaruhi tenaga kerja.

JatimNow
M Irsyad nyatakan tidak adanya peningkatan cukai rokok diharapkan dapat mendongkrak kinerja industri yang sebagian besar memperkerjakan ibu rumah tangga yang menjadi tulang punggung keluarga.

“Mudah – mudahan ini ada kajian yang lebih detil lagi, sehingga kenaikannya tidak terlalu signifikan. Sehingga tidak mengganggu, terutama yang kita khawatirkan adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), tambah M Irsyad.

(Via Hisconsulting)

Comments

Comments are closed.