Bukan Hanya Tembakau Saja, Empat Tanaman Ini Juga Penghasil Nikotin

By Vape Magz | News | Selasa, 10 Mei 2022

Struktur kimia Nikotin (Sumber foto : www.pexels.com)

Vapemagz – Nikotin biasanya dikaitkan dengan rokok konvensional dan liquid pada rokok elektrik (vape). Alhasil, penggunaan produk tembakau alternatif seperti produk tembakau yang dipanaskan, rokok elektrik, maupun kantung tembakau, dianggap memiliki risiko yang sama dengan rokok karena mengandung nikotin.

Padahal, berdasarkan hasil kajian ilmiah produk tersebut memiliki risiko yang lebih rendah daripada zat pada rokok lainnya. Sebab, Nikotin sendiri sesungguhnya merupakan zat yang berasal dari alkaloid tanaman. Artinya, itu adalah bahan kimia alami yang mengandung nitrogen, juga merupakan stimulan yang sangat adiktif. Nikotin paling terkenal karena penggunaannya dalam rokok dan produk tembakau tetapi memiliki beberapa kegunaan lain.

“Berdasarkan hasil penelitian, Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) menyebutkan nikotin tidak menyebabkan kanker. Namun, bahan kimia beracun lain dalam rokok, seperti TAR dan karbon monoksida atau residu asap yang justru merusak kesehatan,” kata Manajer Riset di Consumer Choice Center, Maria Chaplia, seperti dikutip dari indiatimes.com, Selasa (10/5/2022).

Meskipun sebagian besar ditemukan pada tanaman tembakau, kandungan nikotin juga terdapat pada tanaman yang biasa dikonsumsi manusia yakni sayur-sayuran dan umbi-umbian. Hal ini lantaran semua tanaman tersebut termasuk dalam keluarga nightshade, sehingga sering diekstraksi oleh brewer liquid untuk dijadikan nikotin alami dari sayur-sayuran tersebut. Apa saja tanaman tersebut ? Yuk kita bahas lebih jauh.

Sumber foto : www.pexels.com

1. Terong

Dari semua makanan yang kaya zat nikotin, terung atau terong termasuk pemilik kadar nikotin tertinggi. Kandungan nikotin dalam terong mencapai 100 nanogram (ng) per gram. Sayuran ini juga kaya serat, vitamin B1, vitamin B6 dan kalsium

Menurut The Encyclopedia of Healing Foods yang ditulis Michael T. Murray, manfaat lain saat terong dimakan langsung, sayur ini kaya antioksidan bernama nasunin, yang bisa melawan kanker.

Sumber foto : www.pexels.com

2. Tomat

Meski lebih rendah dari terong, tomat hijau juga jadi sumber makanan dengan nikotin lainnya. Konsenterasi nikotin dalam tomat hijau mencapai 42,8 ng per gram. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, tomat hijau juga merupakan sumber makanan yang baik karena kandungan kalium, fosfor, vitamin C, folat, dan kalsium.

Sumber foto : www.pexels.com

3. Kembang Kol

Berada di urutan ketiga, konsentrasi nikotin dalam kembang kol sebanyak 16,8 ng per gram. Ditambah kembang kol juga jadi makanan yang terkandung vitamin K, vitamin C, folat dan serat yang baik.

Sumber foto : www.pexels.com

 

4. Kentang

Umbi-umbian karbohidrat yang kaya vitamin B6, vitamin A dan potasium ini terkandung nikotin sebanyak 7,1 ng per gram. Kentang juga ampuh untuk mencegah penyakit jantung, saat dimasak dengan cara dipanggang atau direbus.

Orang yang mengonsumsi kentang rebus dan panggang berisiko lebih rendah terkena serangan jantung, karena bisa menekan tekanan darah, sehingga berisiko mengalami rendah darah tinggi sebagai penyebab sakit jantung, dibanding orang yang tidak mengonsumsi kentang rebus atau kentang panggang.

Comments

Comments are closed.