BRIN Sediakan Akses Riset Tembakau Guna Pertumbuhan Industri Vape

By Vape Magz | News | Rabu, 9 November 2022

 

Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) beberapa waktu ini menyatakan riset terkait tembakau sangat penting untuk menunjang pertumbuhan industri produk rokok elektrik jangka panjang, termasuk di antaranya pengembangan esens berbasis tembakau. BRIN sendiri membuka akses serta berupaya menyediakan sumber daya riset, baik SDM maupun infrastruktur.

“Di BRIN kami menyediakan seluruh sumber daya sebagai platform terbuka yang dapat diakses semua pihak termasuk industri. Ini sekaligus sebagai insentif untuk mendorong kolaborasi antarpihak,” ujar Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko baru-baru ini.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu rokok elektrik diduga dapat menyebabkan “popcorn lung” atau paru-paru “popcorn”, suatu kondisi di mana saluran udara di paru-paru mengecil sehingga menyebabkan batuk dan nafas pendek. Meski begitu, hingga saat ini belum ditemukan kasus popcorn lung di dalam negeri. 

“Cancer Research UK sudah mengatakan bahwa belum ada kasus popcorn lung yang diakibatkan oleh penggunaan vape. Para produsen di Indonesia pun saat ini tidak menggunakan diacetyl, karena diacetyl sudah dilarang di berbagai negara, sehingga bahan perasa yang kami gunakan tidak mengandung diacetyl.” kata Sekretaris Jenderal Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI) Garindra Kartasasmita dalam keterangannya, Selasa (8/11/2022).

Garindra menambahkan, asosiasinya berkomitmen agar tetap menggunakan bahan baku standar yang aman digunakan. Ia menyamakan kondisinya seperti industri makanan dan minuman, bahwa akan terus menyesuaikan dengan harga bahan baku vape yang semakin tinggi. Sementara itu, dalam laman resmi Cancer Research UK membantah bila rokok elektrik dapat menyebabkan popcorn lung. Organisasi tersebut merekomendasikan rokok elektrik sebagai alat untuk berhenti merokok. 

Rokok elektrik dinilai memiliki efek yang lebih rendah risiko dibandingkan tetap terus mengonsumsi rokok biasa. Jika digunakan dengan benar, rokok elektrik justru mampu menurunkan risiko jika dibandingkan dengan produk konvensional. Bahkan, baru-baru ini pemerintah kota London Selatan, Lambeth Council, mengeluarkan kebijakan untuk menyuplai vape gratis kepada ibu hamil perokok guna mencegah risiko pada ibu dan janin selama masa kehamilan hingga setelah bayi lahir.

 

Via tribunnews.com

Comments

Comments are closed.