Bea Cukai Sidoarjo Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal Bernilai Setengah Miliar

By Vape Magz | News | Senin, 23 Mei 2022

Petugas bea cukai sedang melakukan operasi pasar terkait peredaran rokok ilegal (sumber foto : www.instagram.com)

Vapemagz – Bea Cukai Sidoarjo kembali menggencarkan aksi penindakan rokok ilegal tanpa pita cukai dengan menggagalkan dua upaya pengiriman Barang Kena Cukai (BKC). Alhasil, rokok ilegal dengan nilai setengah miliar rupiah lebih berhasil digagalkan.

Kepala Kantor Bea Cukai Sidoarjo, Pantjoro Agung, mengungkapkan, petugas menggagalkan pengiriman 480.000 batang rokok berpita cukai palsu yang dikemas dalam tiga puluh buah karton di Jalan Kenjeran, Surabaya. Operasinya tersebut dilancarkan pada tanggal 17 Mei 2022 lalu.

“Dari barang bukti yang diamankan, nilai barang ditaksir sejumlah Rp547.200.000 dan kerugian negara yang berhasil dihindari dari distribusi rokok ilegal ini sebesar Rp288.000.000,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (23/5/2022).

Dia memaparkan, pada tanggal 14 Mei 2022 sebelumnya, petugas juga berhasil menggagalkan pengiriman 160.000 batang rokok yang dikemas dalam sepuluh karton.

Bea Cukai mengeluarkan ciri-ciri rokok ilegal tanpa pita cukai (sumber foto : https://www.instagram.com/p/CElvnAggEne/?igshid=YmMyMTA2M2Y= )

Diperkirakan nilai barang sebesar Rp182.400.000, sehingga kerugian negara yang dapat dihindari dari distribusi rokok ilegal ini ditaksir mencapai Rp96.000.000.

“Kedua pengiriman rokok polos tersebut menggunakan moda transportasi bus yang melintas di ruas tol Surabaya-Mojokerto. Saat ini kami masih melakukan pendalaman lebih lanjut guna menjaring pelaku lainnya, sekaligus mengantisipasi modus distribusi lain,” katanya.

Dalam operasi penindakan tersebut, petugas Bea Cukai Sidoarjo telah melakukan proses administrasi penindakan dengan menerbitkan surat bukti penindakan dan berita acara pendukung lainnya.

Upaya penegakan hukum yang dilaksanakan secara terencana dan berkesinambungan ini, menurutnya merupakan bukti upaya Bea Cukai dalam menjalankan fungsi community protector.

“Melalui penindakan rokok ilegal, Bea Cukai mewujudkan tugas dan fungsinya sebagai pelindungi masyrakat dari bahaya barang ilegal. Selain itu, penindakan ini pun dapat berguna untuk mengamankan penerimaan negara di sektor cukai dan membantu keberlangsungan industri rokok yang legal di Indonesia dengan memberikan iklim persaingan usaha yang sehat,” tutupnya.

Comments

Comments are closed.