Bates: Kritikan Mengenai “Special Issue on Juul” Tidak Masuk Akal

By Bayu Nugroho | News | Jumat, 21 Mei 2021

Kritik terbaru tentang American Journal of Health Behavior “Special Issue on Juul” tidak masuk akal, anti-ilmiah dan agak mengganggu, menurut Clive Bates, direktur The Counterfactual.

Dalam sebuah surat kepada editor, Bates mengatakan monograf Juul Labs memberikan informasi yang sangat penting tentang perubahan status merokok, pendorong transisi, dampak kesehatan seseorang dan perilaku pengusaha retail.

Menurut Bates, fakta bahwa penelitian yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dalam bisnis alternatif tembakau tidak membuat temuan tersebut menjadi tidak berlaku. Dalam pandangannya, para ilmuwan Juul telah melakukan pekerjaan luar biasa yang berdasarkan pada manfaatnya dan sekarang telah diterbitkan dalam jurnal terkemuka dengan pengungkapan secara transparan.

Vaping Post
Direktur The Counterfactual, Clive Bates: “Pertanyaan sebenarnya disini adalah mengapa para aktivis pengendalian tembakau ini menunjukkan begitu sedikit keingintahuan tentang perubahan pasar tembakau dan nikotin di AS. Seiring meningkatnya popularitas Juul, kami melihat penurunan yang sangat cepat dalam penjualan rokok dan prevalensi merokok baik pada orang dewasa maupun remaja.”

“Tanggapan yang tepat untuk itu adalah ingin tahu lebih banyak. Tanggapan yang salah adalah mencoba untuk menyembunyikan atau mendiskreditkan data dan analisis informatif, hanya karena ia menceritakan sebuah cerita yang berbeda dengan narasi tentang kejahatan rokok elektrik dan perusahaan yang membuatnya,” tulis Bates.

(Via BMJ Publishing)

Comments

Comments are closed.