Apakah Vaping Mampu Meringankan Penderita CPOD?

By Bayu Nugroho | News | Jumat, 7 September 2018

Vaping dapat membantu membalikkan beberapa bahaya yang ditimbulkan dari merokok pada pasien penderita penyakit paru obstruktif kronik (CPOD). Penelitian dari studi baru ini baru diterbitkan pada International Journal of Chronic Obstructive Pulmonary Disease.

Penelitian ini menemukan bahwa perokok yang mengidap CPOD yang menggunakan rokok elektrik menunjukkan peningkatan kesehatan, aktivitas fisik secara konsisten, infeksi pernafasan dan beberapa efek CPOD lainnya yang berkurang. Hal yang mengejutkan bahwa vaping tidak memperburuk kesehatan paru-paru pasien.

Studi ini meneliti dua kelompok pasien CPOD selama tiga tahun. Satu kelompok terdiri dari 22 pasien yang tadinya merokok tembakau kini beralih menggunakan rokok elektrik. Sementara kelompok lainnya masih terus merokok dan tidak mau menggunakan rokok elektrik selama tiga tahun.

medicalxpress.com
Pasien CPOD yang beralih ke vaping menunjukkan peningkatan kesehatan yang konsisten

Studi baru dari Prof. Riccardo Polosa dari Universitas Catania (Italia) dan tujuh rekan peneliti lainnya dari Universitas dan rumah sakit. Polosa dan rekan-rekannya mengikuti pasien yang sama selama satu tahun tambahan dan secara konsisten akan menandai kemajuan mereka.

Perokok dengan COPD secara tradisional memiliki catatan berhenti karena sebelumnya mempunyai pengalaman merokok yang buruk. Itulah mengapa efek vaping yang paling penting bagi penderita COPD.

(Via Vaping360)

Comments

Comments are closed.