By Vape Magz | News | Sabtu, 19 Februari 2022

Pengantar

Merokok sejauh ini merupakan salah satu kebiasaan paling berbahaya dan mahal yang dapat dimiliki siapa pun. Namun, untuk semua perokok yang membaca ini, Anda mungkin pernah mendengarnya jutaan kali (atau bahkan lebih). Alih-alih menyuruh Anda berhenti, hari ini kami memberikan alternatif untuk Anda. Vaping tidak hanya merupakan alternatif yang lebih murah dan lebih baik untuk Anda, tetapi juga dapat membuat berhenti merokok menjadi lebih mudah. Tidak cukup meyakinkan? Lihat saja seberapa populer vaping (seperti brand geekvape) dalam beberapa tahun terakhir ini! Berikut adalah daftar mengapa vaping lebih baik daripada merokok.

Ada desas-desus besar yang beredar bahwa vaping sama buruknya dengan merokok, atau jika tidak, bahkan lebih buruk. Namun, hal ini bukan yang menjadi masalah. Meskipun ada bahayanya juga, vaping 95% lebih baik untuk kesehatan Anda dibandingkan dengan merokok. Selain itu, vaping juga membuat cara berhenti merokok menjadi lebih mudah, yang merupakan manfaat terbesar dari semuanya.

Pertama, rokok elektrik mengandung lebih sedikit bahan kimia beracun dibandingkan dengan rokok seperti tar dan bahan kimia penyebab kanker lainnya. Anda dapat melihat peningkatan kesehatan Anda setelah beralih ke rokok elektrik seperti lebih sedikit kesulitan bernafas, peningkatan indera perasa dan penciuman serta peningkatan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda tidak terlalu peduli dengan manfaat kesehatan yang nyata, mungkin Anda akan sadar akan efek merokok pada penampilan fisik Anda! Rokok mengandung zat yang menghilangkan oksigen dan nutrisi kulit yang menyebabkan kulit Anda menjadi berwarna tidak sehat. Selain itu, zat-zat tersebut menggelapkan bibir Anda serta memberi warna kuning pada gigi Anda dengan tar di dalam rokok. Adapun, racun dalam rokok juga membuat bibir pecah-pecah dan bau mulut. Jadi sudah saatnya Anda mempertimbangkan lagi untuk merokok!

 

Tidak Terlalu Beracun

Dalam hal kimianya, rokok elektrik memiliki bahan kimia berbahaya yang lebih rendah dibandingkan dengan rokok. Mayoritas e-liquid di luar sana hanya mengandung 4 bahan utama seperti propilen glikol, dasar gliserin nabati, nikotin, dan perasa vape. Di sisi lain, rokok tembakau mengandung lebih dari 7000 bahan kimia mematikan saat dihembuskan! Perbedaan yang gila! Oleh karena itu, rokok elektrik lebih aman daripada merokok di luar ruangan dan bahkan untuk kesehatan Anda!

 

Pilihan yang Lebih Murah

Para ahli memperkirakan bahwa merokok 20 batang rokok setiap hari akan dikenakan biaya lebih dari £ 3.000 setahun. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa pada tahun 2015, seorang perokok rata-rata menghabiskan sekitar £ 1.700 untuk rokok per tahun, sementara rata-rata vaper menghabiskan kurang dari £ 400 untuk vaping. Meskipun vaping tampaknya memiliki lebih banyak biaya di muka daripada rokok, kegiatan vaping untuk jangka panjang secara signifikan lebih murah daripada hanya menggunakan rokok. Untuk opsi ramah pemula, kami memperkirakan Anda akan menghabiskan sekitar £30 di muka dan £90 untuk aksesori tambahan lainnya (seperti baterai dan koil pengganti). Setelah Anda memesan secara massal, biaya vaping mengalami penurunan besar dibandingkan dengan merokok. E-liquid memiliki harga yang sangat rendah, mulai dari £1 hingga lebih dari £15 per 10ml. Untuk kualitas e-liquid yang lebih baik, Anda dapat memperkirakan untuk menghabiskan sekitar £7 per minggu, yang kurang dari £400 untuk sepanjang tahun. Bahkan jika Anda seorang vaper berat dan menghabiskan banyak e-liquid seminggu, Anda masih mengurangi biaya tahunan Anda lebih dari setengahnya!

 

Uap Bekas Tidak Berbahaya

Sejauh yang dapat kita ingat, dampak berbahaya dari perokok pasif telah dipelajari, dan penelitian telah membuktikan bahwa merokok tidak hanya berbahaya bagi perokok, tetapi juga orang-orang di sekitarnya. Asap rokok mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia dan 70 bahan penyebab kanker yang diketahui dan memiliki banyak konsekuensi – seperti peningkatan risiko infeksi pernapasan seperti bronkitis dan pneumonia, infeksi hidung dan tenggorokan, serangan asma, serta peningkatan risiko sindrom kematian mendadak bayi. Jika terhirup oleh orang dewasa, asap rokok dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker paru-paru, dan stroke. Namun, dalam hal vaping, penelitian terbaru menunjukkan bahwa risikonya tidak terlalu parah karena uap bekas tidak terlalu beracun. Ini karena vaping menguap dengan sangat cepat, yang membuat efeknya hampir dapat diabaikan pada orang yang Anda cintai. E-liquid biasanya mengandung empat bahan utama: VG (vegetable glycerin) untuk dasarnya, PG (propylene glycol), nikotin, dan perasa vape lainnya – yang semuanya aman untuk dikonsumsi. Namun, meskipun kurang berbahaya dibandingkan perokok pasif, tetap disarankan untuk menghindari vaping di sekitar anak-anak dan wanita hamil.

 

Tidak Bau

Penelitian menunjukkan bahwa uap rokok elektrik terurai dengan cepat dalam hitungan detik tanpa mengurangi kualitas udara, sementara asap rokok cenderung bertahan di udara selama lebih dari 30 menit. Selanjutnya, bau rokok bahkan bisa menempel pada pakaian atau bahkan furnitur. Selain bau yang tidak sedap, asap rokok juga dapat menodai lingkungan sekitar seperti dinding, furnitur, dan pakaian Anda. Karenanya, terutama dalam aspek penciuman, rokok elektrik lebih baik daripada rokok!

 

Lebih Banyak Variasi

Rokok elektrik memiliki lebih banyak variasi dan rasa dibandingkan dengan rokok. Penambahan larangan tembakau baru-baru ini di Uni Eropa, perokok sekarang memiliki lebih sedikit rasa rokok untuk dipilih. Di sisi lain, dengan pertumbuhan penggunaan rokok elektrik baru-baru ini, lebih banyak rasa yang tidak pernah Anda duga dapat dihisap dijual sebagai cairan (e-liquid) untuk rokok elektrik.

 

Lebih Mudah Diakses

Karena betapa berbahaya dan baunya rokok, ada banyak batasan di mana kita bisa merokok. Namun, untuk rokok elektrik, Anda dapat mengisap hampir di mana saja karena saat ini tidak ada larangan khusus untuk rokok elektrik. Jadi, apa yang Anda tunggu? Simpan masalah dan kerumitan menemukan area merokok dan masuklah ke dunia vape.

 

Lebih Mudah Untuk Berhenti

Rokok elektrik juga membuat penghentian kecanduan nikotin Anda lebih mudah karena e-liquid yang Anda beli untuk rokok elektrik Anda memiliki konsentrasi nikotin yang berbeda. Hal ini yang kemudian memungkinkan Anda untuk secara sistematis mengontrol asupan nikotin Anda, membuatnya lebih mudah untuk menurunkan asupan keseluruhan Anda secara berkala dan mengurangi keinginan Anda.

Anda juga bisa merokok dan vape pada saat yang sama, yang berarti Anda tidak perlu memutus seluruh asupan nikotin ke tubuh dalam bentuk apa pun (cold turkey method). Banyak vapers menggunakan vaping untuk membantu mereka mengekang kecanduan nikotin mereka saat bepergian atau di tempat kerja, misalnya. Seiring waktu, Anda dapat lebih mengandalkan vaping daripada rokok, dan mudah-mudahan, beralih ke vaping penuh waktu. Hal ini kemudian memungkinkan Anda meluangkan waktu untuk menjadi bebas asap rokok pada jadwal Anda, yang memiliki tingkat keberhasilan lebih tinggi daripada langsung menjalani metode cold turkey.

 

Kesimpulan

Apakah Anda vaping atau merokok untuk bersantai atau berhenti, kami di sini bukan untuk menilai. Saat Anda mengambil rokok untuk dihisap, Anda sudah menyadari bahaya yang ditimbulkannya. Bagaimanapun, ini adalah pilihan gaya hidup Anda yang tidak dapat dikomentari orang lain. Namun, apa yang kami tawarkan hari ini adalah alternatif merokok yang lebih murah dan lebih baik. Tidak masalah jika Anda adalah seseorang yang berencana untuk berhenti merokok atau seseorang yang mencintai rokok. Manfaat vaping dibandingkan dengan merokok masih terlihat jelas. Jika Anda harus merokok, mengapa tidak mempertimbangkan pilihan yang lebih murah, lebih baik, dan lebih mudah diakses?

 

(Via igeekphone.com)

Comments

Comments are closed.