Terus Picu Kontroversi, Ferrari dan Ducati Dikabarkan Bakal Copot Logo Mission Winnow di Sisa Musim

By Vapemagz | Lifestyle | Sabtu, 22 Juni 2019

Tim Formula 1 Ferrari dan tim MotoGP Ducati dikabarkan bakal tidak akan memasang kembali logo Mission Winnow di sisa musim 2019. Hal ini tak lepas dari kehadiran Mission Winnow yang selalu menimbulkan kontroversi di beberapa balapan tahun ini.

Mission Winnow sendiri adalah kampanye dari Philip Morris International (PMI), sponsor utama dari dua tim balap asal Italia itu. Kampanye ini ditujukan untuk mempromosikan kegiatan bisnis PMI di sektor sains, teknologi, dan inovasi pengembangan produk-produk non tembakau seperti rokok elektrik.

Sekadar informasi, baik FIA (Federation Internationale de l’Automobile) maupun FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) sebagai otoritas penyelenggara balapan mobil dan motor telah melarang pemasangan sponsor dari perusahaan tembakau sejak memasuki milenium 2000 ini. Sebelumnya, di tahun 70-80an, merek-mereka seperti Marlboro dan Lucky Strike memang kerap terpampang di badan mobil atau motor para pebalap.

Sejak awal musim ini, pemasangan logo Mission Winnow memang kerap mendapat hambatan dari otoritas negara penyelenggara balapan. Di Australia misalnya, Ferrari harus mencabut logo Mission Winnow pada ronde pembuka musim F1 lantaran aturan ketat iklan rokok di Negeri Kangguru tersebut.

Tim Kuda Jingrak itu kemudian juga menghapus logo Mission Winnow di Kanada dan Prancis karena alasan yang sama. Langkah serupa diikuti Ducati pada gelaran MotoGP Prancis di Le Mans bulan Mei lalu. Selain PMI, logo A Better Tomorrow milik British American Tobacco (BAT) yang mensponsori tim McLaren juga dihilangkan karena kasus serupa.

Gold and Goose / LAT Images via Motorsport
Logo Mission Winnow terpampang pada motor Ducati yang dikendarai pebalap MotoGP, Andrea Dovizioso.

Seperti dikabarkan Motorsport, beberapa sumber mengisyaratkan PMI bakal mempertimbangkan untuk menghapus logo Mission Winnow untuk jangka waktu yang lebih lama bahkan hingga akhir musim. Yang pasti, logo itu akan hilang dari balapan MotoGP berikutnya di Belanda.

Ketika tidak membalap dengan logo Mission Winnow, Ferrari selama ini menggantinya dengan logo peringatan 90 tahun berdirinya skuat Maranello. Begitu pula Ducati yang mengizinkan dua pebalapnya, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci untuk mendesain motor dan livery tim sebagai pengganti Mission Winnow.

Tak hanya itu, Ferrari juga mengubah nama resmi tim di daftar peserta dari Scuderia Ferrari Mission Winnow menjadi Scuderia Ferrari. Ducati juga berganti dari Mission Winnow Ducati menjadi hanya Ducati Team.

Baik Ferrari dan Ducati sama-sama menolak memberi komentar perihal pencabutan logo Mission Winnow secara permanen di musim ini. Sementara itu, perwakilan dari Philip Morris mengaku akan mematuhi aturan dari tiap negara dan memberi kesempatan kepada para mitra untuk mencari logo pengganti bila diperlukan.

“Sebagai bagian dari kebijakan perusahaan, kami tidak pernah menanggapi rumor dan spekulasi. Seperti yang diumumkan pada awal musim ini, kami memberi kesempatan kepada mitra kami untuk menyampaikan pesan lain sebagai pengganti Mission Winnow di setiap balapan,” kata juru bicara PMI, Simon Dowding.

“Seperti saat di Australia dan Kanada, Scuderia Ferrari akan kembali memperingati 90 tahun berdirinya tim pada gelaran GP Prancis pekan ini. Kami akan terus berbagi informasi lebih lanjut menjelang setiap balapan,” tambahnya.

(Via Motorsport)

Comments

Comments are closed.