Remaja Lebih Mengingat “Peringatan Sindiran” Daripada Hal Yang Nyata

By Bayu Nugroho | Lifestyle | Jumat, 29 Maret 2019

Sebuah penelitian pada tahun 2017 tentang remaja laki-laki berusia antara 12 dan 19 tahun telah mengungkapkan bahwa “peringatan” menyindir yang muncul pada kemasan beberapa produk vape terbukti lebih berkesan daripada peringatan yang muncul di lingkungan sekitar mereka.

Dalam studi tersebut, 775 remaja pria berusia antara 12 dan 19 diminta untuk melihat iklan produk vape, beberapa di antaranya memiliki peringatan nikotin nyata dan beberapa di antaranya memiliki “peringatan” sindiran seperti, “PERINGATAN: Mengandung Rasa” atau, “PENTING: Tidak Membahayakan Dompet Anda.”

Ketika ditanya tentang apa yang paling mereka ingat tentang iklan, lebih dari seperempat peserta penelitian menjawab bahwa “peringatan” satir adalah yang paling mereka ingat dengan jelas. Dari beberapa produk yang disodorkan, 19 persen remaja pria mampu mengulangi pesan-pesan sindiran itu kata demi kata.

SRNT
Penulis penelitian, Amy Ferketich: “Tidak ada cara yang menghentikan pemasaran tembakau dengan strategi yang sama, FDA dapat mempertimbangkan hal semacam ini untuk menghentikan jenis iklan ini ke depan.”

“Selain meninggalkan kesan pada anak-anak ini, peringatan palsu ini tampaknya membuat anak-anak tidak peka terhadap peringatan kesehatan yang sebenarnya yang tampak kurang menonjol di bagian bawah iklan. Kami hanya tidak bisa mempercayai ini dan kami bertanya-tanya kesan apa yang ditinggalkan iklan-iklan ini pada anak-anak, apalagi usia remaja merupakan usia yang paling rentan dalam hal pemasaran tembakau,” kata Peneliti Universitas Negeri Ohio, Brittney Keller-Hamilton.

(Via VAPE News)

Comments

Comments are closed.