Mulai Berbisnis Vape Sejak Usia 16 Tahun, Wirausahawan Muda Ini Raup Pendapatan 1 Juta GBP

By Vapemagz | Lifestyle | Jumat, 30 November 2018

Menjadi seorang wirausahawan muda yang mencetak jutaan dolar tentu menjadi impian para milenial saat ini. Jika vapers adalah salah satunya, contohlah Fred Cassman, pendiri dan Direktur dari perusahaan vape MIST.

Perusahaan berbasis di Brighton, Inggris ini adalah salah satu usaha rintisan yang kini bernilai jutaan dolar. Fred memulai bisnis ini sejak berusia 16 tahun, dan baru-baru ini mengklaim telah berhasil mendapatkan pendapatan lebih dari 1 juta GBP atau sekitar 18,39 miliar IDR.

Berbicara kepada Business Leader, Fred menceritakan kisah suksesnya yang menginspirasi. “Fokus utama saya bersama MIST adalah menyediakan produk terbaik kepada konsumen, khususnya para perokok yang ingin beralih ke vaping,” ujar Fred.

Sejak berusia 16 tahun, Fred memang sudah memiliki jiwa wirausaha. Dirinya cerdik melihat peluang bisnis, dengan memanfaatkan situs jual beli eBay. Mulai dari menjual kartu Pokemon, hingga akhirnya menjual likuid vape dan alat vapor produksinya sendiri.

Performa MIST juga terus berkembang setelah meledaknya rokok elektrik di pasaran pada tahun 2010. Berkembangnya forum jual beli online juga membuat proses penjualan lebih aktif.

“Saya mengorganisasikan pemesanan dalam jumlah besar, menawarkannya kepada forum dengan harga grosir yang kompetitif, serta menarik komisi sekitar 10 persen. Saat itu jumlah pendapatan melalui PayPal sangat besar, khususnya bagi anak berusia 16 tahun!,” kata Fred.

Setelah itu, dirinya mulai mengimpor produknya sendiri. Menggunakan akun eBay, dirinya mempromosikan produk miliknya ke anggota forum dan dimulailah bisnis MIST yang meledak kedepannya. “Saya tidak membayangkan bisnis ini bisa sukses seperti saat ini,” ucapnya.

businessleader.co.uk
Pendiri dan Direktur MIST, Fred Cassman.

Menurut Fred, saat ini kondisi industri vaping sangatlah kompetitif, mengingat banyaknya produk-produk baru yang dirilis tiap bulannya. Untuk itu, riset dan perkembangan produk perlu dilakukan oleh MIST.

“Tim MIST melakukan riset ekstensif dan memilih produk terbaik untuk dilempar ke pasar konsumen, mulai dari pemula hingga vapers berpengalaman. Kami membuat website kami menjadi sangat mudah untuk digunakan, sehingga konsumen bisa memilih produk terbaik untuk dirinya,” kata Fred.

Bertambahnya jumlah vapers seiring menurunnya jumlah perokok membuat pasar industri vaping bertumbuh secara konsisten. Begitu pula dengan meningkatnya kompetisi, khususnya penjualan melalui online.

“Kami perlu terus meningkatkan kualitas produk, dengan demikian kami bisa terus berada di puncak dari permainan ini dan menjadi pemain utama dalam industri,” kata Fred menjelaskan.

Fred optimistis MIST bakal terus berkembang dalam lima tahun ke depan. Dirinya ingin meningkatkan penjualan produk, termasuk kepada agen-agen koran lokal.

“Merupakan impian untuk membantu banyak orang untuk berhenti merokok. Untuk itu, produk vapor juga harus bisa dijual ditempat dimana rokok dijual, seperti warung dan penjual koran,” tutupnya.

(Via Business Leader)

Comments

Comments are closed.