Berawal Dari Hobi, Andika Kini Memiliki Toko Vape Sendiri

By Bayu Nugroho | Lifestyle | Minggu, 4 Agustus 2019

Banyak hal yang bisa kamu jadikan ide usaha ketika bisa melihat dengan cermat apa yang ada di sekitar kamu, salah satunya melalui hobi. Kamu tentu mempunyai hobi, bukan?

Beberapa orang terkadang memiliki hobi yang unik dan lain dari biasanya, bahkan hobi tersebut pun akhirnya dapat menghasilkan uang. Seperti halnya Andika, mengaku bahwa dirinya hobi vaping mulai dari di bangku kuliah hingga sampai saat ini sudah memiliki toko vape sendiri.

Toko vape milik Andika yang bernama Png Vape beralamat di Jalan Diponegoro, Kelurahan Pangkal Lalang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. Namun, Andika bukanlah pemain awal bisnis ini di Belitung. Sudah banyak toko vape bertebaran di wilayah ini, tak hanya menjual perlengkapan vape, likuid bahkan beberapa toko menyediakan layanan servis.

Saat pertama kali memulai bisnis vape pada tahun 2016, Andika merasa ini merupakan peluang bisnis baru di Indonesia. Walaupun begitu dirinya sempat merasa bisnis vape pernah meredup di tahun 2017. Waktu itu pemerintah belum menetapkan pita cukai di likuid vape, jadi harga jual tiap produk masih belum stabil.

Pos Belitung / Dede Suhendar
Andika pemilik Png Vape tengah melayani pembeli, Kamis (1/8/2019).

Namun memasuki tahun 2018, bisnis vape mulai kembali bersinar berkat penetapan cukai oleh pemerintah. Hal ini karena setiap produk yang dijual akan masuk dalam pendapatan negara juga dan tiap toko vape memiliki acuan baru dalam menetapkan harga baru yang jauh lebih menguntungkan.

“Dulu market-nya bagus,‎ kalau istilahnya cuan strong lah, karena dulu belum ada cukai. Semenjak pemerintah menerapkan cukai ini semuanya lebih terata dan tetap cuan strong,” ungkapnya.

(Via Belitung Tribunnews)

Comments

Comments are closed.