IECIE Shenzhen E-Cig Expo 2019

By Reiner Rachmat | Events | Senin, 13 Mei 2019

Jika ditanya dimanakah “ibu kota” industri vaping dunia, maka jawabannya adalah Shenzhen. Oleh karena itu, tidak heran apabila pameran vape terbesar di dunia juga digelar di Shenzhen, yaitu IECIE. Pada acara yang digelar tanggal 14 April 2019 sampai dengan 16 April 2019 yang lalu di Shenzhen Convention & Exhibition Center ini, Vapemagz diberikan kehormatan untuk datang dan meliput langsung IECIE 2019.

(Reiner Rachmat Ntoma)
Vapemagz Indonesia meliput langsung ke Shenzhen loh!

Berdasarkan data dari penyelenggara, pada event yang diselenggarakan di empat hall dengan area seluas 40.000 meter kuadrat ini, terdapat sekitar 1500 merk yang terwakilkan, lebih dari 400 ekshibitor dan lebih dari 71 ribuĀ  pengunjung yang hadir selama tiga hari. Hanya dari data tersebut saja, vapers sudah dapat membayangkan mengapa IECIE disebut sebagai pameran rokok elektrik terbesar di dunia kan?

(Reiner Rachmat Ntoma)
Selama tiga hari, pengunjung terus berdatangan hingga sulit untuk berjalan-jalan!

Jika berbicara mengenai ekshibitor, pastinya para ekshibitor besar seperti Geekvape, Aspire, Ijoy, Augvape, Vaporesso dan lain-lain memiliki booth-booth yang bukan saja indah dilihat, tetapi juga sangat besar dan luas.

(Reiner Rachmat Ntoma)

(Reiner Rachmat Ntoma)

(Reiner Rachmat Ntoma)

(Reiner Rachmat Ntoma)
Beberapa booth dari ekshibitor, terlihat sangat megah dan mewah!

Walaupun begitu, terdapat suatu fakta yang tidak dapat dipungkiri dari pergelaran kelima event ini, yaitu peningkatan popularitas pod mod. Bisa dikatakan bahwa hampir 50 persen ekshibitor di IECIE 2019 merupakan produsen pod mod atau paling tidak memiliki produk pod mod untuk dipamerkan.

(Reiner Rachmat Ntoma)
Pod mod menjadi fokus pada pagelaran IECIE 2019

Salah satu lagi yang banyak ditemui di IECIE 2019 adalah ekshibitor produk heat not burn (HNB) yang tampaknya juga sedang naik daun di Cina. Walaupun IQOS kini sudah secara resmi diakui sebagai produk tembakau alternatif yang aman oleh FDA, namun tampaknya masih akan sangat lama hingga IQOS dapat beredar di Cina. Maka dari itu, jangan heran apabila terdapat beberapa produk HNB yang memiliki desain yang sama dengan IQOS dan juga kompatibel dengan heat sticks milik IQOS.

(Reiner Rachmat Ntoma)
Produk heat not burn juga hadir di IECIE 2019 dan cukup banyak menarik perhatian pengunjung

Secara keseluruhan, tampaknya pada tahun 2019 ini, IECIE memang lebih diperuntukkan untuk memperkenalkan pod mod. Pemerintah Kota Shenzhen sendiri kini sedang berusaha untuk mengurangi konsumsi rokok konvensional dengan membatasi area-area publik yang masih memperbolehkan merokok. Atau mungkin memang saat ini popularitas pod mod sedang pada puncaknya.

Lalu apa yang bisa diharapkan pada pagelaran berikutnya? Pihak penyelenggara sendiri mengatakan bahwa pada IECIE 2020 akanĀ  menyediakan tempat yang lebih luas lagi serta akan lebih berfokus kepada business-to-business. Jadi, apabila vapers seorang pengusaha vape, pastikan hadi di IECIE berikutnya ya!

See you in IECIE 2020!

Comments

Comments are closed.