Inggris: Industri Harus Membayar Untuk Membersihkan Sampah Rokok

By Bayu Nugroho | News | Kamis, 1 April 2021

Inggris sedang mempertimbangkan rencana untuk memaksa perusahaan tembakau besar membayar biaya tahunan untuk membersihkan puntung rokok yang dibuang.

Langkah tersebut dilakukan setelah bukti baru mengungkapkan bahwa membersihkan puntung rokok yang berserakan saat ini merugikan otoritas lokal Inggris sekitar GBP 40 juta (Rp 803 miliar) per tahun. Meskipun tingkat merokok berada pada tingkat terendah yang tercatat, filter rokok terus menjadi barang yang paling banyak berserakan di Inggris.

Di antara opsi yang sedang dipertimbangkan oleh para menteri, salah satunya adalah regulasi tentang tanggung jawab produsen dalam urusan puntung rokok di Inggris. Regulasi ini sedang diatur untuk dimasukkan ke dalam undang-undang lingkungan.

Untuk itu, industri tembakau harus membayar penuh biaya pembuangan produk limbah tembakau, memastikan sektor tersebut mengambil tanggung jawab dalam bentuk penyaluran dana atas sampah yang dihasilkan produknya.

“Puntung rokok merusak komunitas kami, mengotori jalan-jalan kami, berakhir di saluran pembuangan, mencemari sungai, dan lautan kami. Kita semua harus mengambil tindakan untuk melindungi lingkungan kita. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa industri tembakau memainkan perannya,” kata Menteri Lingkungan Hidup Rebecca Pow, dalam catatan pers pemerintah.

Leadership Newspaper
Menurut penelitian Keep Britain Tidy, sampah terkait merokok adalah bentuk sampah yang paling umum di Inggris. Mencapai 68 persen dari semua barang berserakan dan ditemukan di sekitar 80 persen situs yang disurvei.

“Kami membuat kemajuan luar biasa dalam ambisi kami untuk menjadi negara bebas asap rokok pada tahun 2030, dengan tingkat perokok mencapai rekor terendah. Meskipun hal ini berdampak besar pada kesehatan masyarakat, dampak lingkungan dari puntung rokok dan sampah kemasan masih menjadi masalah utama,” kata Menteri Kesehatan Masyarakat Jo Churchill.

Kebanyakan puntung rokok adalah plastik sekali pakai dan mengandung ratusan bahan kimia beracun setelah dihisap. Filter rokok yang berserakan dapat bertahan di lingkungan selama bertahun-tahun dan melepaskan bahan kimia ini ke udara, tanah dan air, merusak pertumbuhan tanaman dan satwa liar.

Menurut Litter Strategy for England, cara paling efektif untuk mengatasi sampah yang terkait dengan merokok adalah dengan mengurangi prevalensi merokok sejak awal. Pemerintah berkomitmen akan menerbitkan rencana pengendalian tembakau baru di Inggris akhir tahun ini, untuk mewujudkan ambisinya menjadi negara bebas rokok pada tahun 2030.

(Via GOV.UK)

Comments

Comments are closed.