Budiyanto A.K.A Om Boedi Ajak Perokok Beralih Ke Vape Dengan SWTCH

By Vape Magz | Interviews | Sabtu, 13 Maret 2021

Vapers sudah mengenal sosok Budiyanto, pendiri dan pemilik Jakarta Vapor Shop (JVS), salah satu distributor produk vaping terbesar di Indonesia. Om Boedi, begitu sapaan akrabnya, juga telah mendirikan JVS Labz untuk memproduksi liquid vape sendiri. Salah satunya adalah SWTCH. Tapi ternyata, Om Boedi memiliki rencana tersendiri untuk brand SWTCH ini. Yuk, cari tahu melalui wawancara eksklusif Vapemagz Indonesia dengan Om Boedi!

Apa konsep dibalik pembuatan brand SWTCH?
Jika dilihat dari namanya, pasti sudah bisa menebak bahwa targetnya adalah untuk mengajak perokok agar beralih dari rokok konvensional ke rokok elektrik. Ketika saya mendirikan brand SWTCH ini, pasar rokok elektrik di Indonesia memang sedang dibanjiri oleh produk-produk jenis pod mod oleh para produsen produk vaping lokal. Namun saya menyadari bahwa pada saat itu, tidak ada produsen yang mempromosikan produk mereka sebagai produk alternatif rokok konvensional yang lebih baik.

Selain itu, produk liquid nicotine salt pada saat itu juga masih sedikit dan varian rasanya tidak ada yang dapat membuat seorang perokok menjadi tertarik untuk beralih ke rokok elektrik. Sebagai seorang mantan perokok sendiri, saya ingat ketika saya pertama kali mencoba untuk beralih ke vape, bagaimana saya kesulitan menemukan kepuasan yang saya dapat dari rokok konvensional tidak bisa saya dapatkan di rokok elektrik. Namun ketika saya menemukan produk vaping yang dapat memberikan saya pengalaman yang mirip dengan ketika saya merokok atau bahkan lebih baik, saya pun beralih ke rokok elektrik. Itulah yang saya tekankan pada brand SWTCH. Saya ingin agar perokok dapat menemukan pengalaman yang dapat memuaskan ketika beralih ke rokok elektrik.

Dok Fotografi Ahmad Baihaqi (Kiki Photography)

Apa yang membuat SWTCH berbeda dibandingkan dengan brand liquid lain?
Seperti yang saya katakan sebelumnya, SWTCH bertujuan untuk memberikan pengalaman vaping yang memuaskan bagi perokok melalui liquid yang kami produksi. Keunikan dari liquid SWTCH sendiri adalah bahwa rasa liquid yang kami berikan akan terasa familiar bagi para perokok namun juga memberikan sebuah sensasi baru yang tidak dapat mereka temukan pada rokok konvensional.

Dari situlah kemudian para perokok akan semakin tertarik dengan rokok elektrik dan kemudian beralih sepenuhnya dari rokok konvensional. Itulah perbedaan yang kami berikan melalui SWTCH ini. Namun tidak berakhir sampai disitu saja, SWTCH kini juga telah memproduksi liquid jenis free base bagi vapers yang lebih memilih untuk menggunakan vape mod selain pod mod, namun tetap dengan ciri khas yang sama, yaitu memberikan rasa familiar dengan memberikan sensasi baru bagi para vapers yang sebelumnya beralih dari rokok konvensional ke pod mod dan kemudian beralih ke vape mod lain.

Untuk kedepannya juga, SWTCH tidak hanya akan memproduksi liquid, tetapi juga perangkat vaping sendiri. Saat ini, divisi penelitian dan pengembangan SWTCH tengah melakukan penelitian untuk mengembangkan perangkat vaping yang cocok dengan konsep SWTCH, yaitu familiar dengan sensasi baru.

Simak perbincangan lengkap kru Vapemagz Indonesia dengan Om Boedi di edisi majalah Vapemagz Indonesia Issue 26, Desember 2020.

Teks: Reiner Rachmat Ntoma

Comments

Comments are closed.