Efisiensi, Bentoel Investama Jual Aset Ke BAT Turki

By Vapemagz | News | Selasa, 31 Desember 2019

Dalam rangka meningkatkan efisiensi, perusahaan rokok PT Bentoel Internasional Investama Tbk (RMBA) menjual aset tetapnya, yakni packer machine G.D X2C600 beserta perlengkapannya ke perusahaan afiliasi British American Tobacco Turki (BAT Turki). Nilai transaksinya mencapai 11,32 juta dirham Uni Emirat Arab atau setara Rp 43,53 miliar.

Perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, pekan lalu menjelaskan, penjualan aset tersebut akan lebih menguntungkan karena dinilai tidak produktif dan sudah tidak digunakan lagi dalam kegiatan operasional perusahaan. Disebutkan, nilai penjualan aset tersebut setara 0,54% ekuitas RMBA per 30 Juni 2019 yang sebesar Rp 8,06 triliun.

Kemudian dana hasil penjualan aset tidak produktif tersebut dapat mendukung pendanaan (modal kerja) untuk kegiatan operasional. Sebelumnya, mesin pengepak ini digunakan RMBA pada pabrik yang berlokasi di Malang, Jawa Timur.

Istimewa
Bentoel Group.

Adapun pertimbangan menjual aset-aset yang tidak produktif kepada pihak afiliasi adalah kemudahan dalam hal negosiasi transaksi jual beli dan kesamaan visi bisnis dengan RMBA. Sebagai informasi, RMBA berada di bawah British American Tobacco International Holdings (UK), sedangkan BAT Turki berada di bawah British American Tobacco International (Holdings) BV Netherlands. Kedua perusahaan ini adalah bagian dari British American Tobacco PLC.

Sebagai informasi, perseroan berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp11 miliar di kuartal tiga 2019 setelah mengalami kerugian sejak tahun 2012 lalu.

Sementara itu, Bristih American Tobacco sendiri secara internasional kini juga sudah mulai memasuki bisnis rokok elektrik atau vape. Mereka telah memiliki produk vape-nya, yakni Vype meski popularitasnya di Amerika Serikat tak setenar merek vape lain, khususnya JUUL dari JUUL Labs.

(Via Keterbukaan Informasi IDX)

Comments

Comments are closed.